Jokowi Turut Belasungkawa Atas Meninggalnya Presiden Iran

Abadikini.com, AGAM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi beserta rombongan seusai helikopter yang ditumpanginya jatuh di Azerbaijan Timur. Jokowi berharap peristiwa nahas itu tidak berdampak pada ekonomi global terutama minyak.

Mewakili pemerintah dan rakyat Indonesia, Jokowi menyampaikan duka yang mendalam atas kejadian itu.

“Pertama-tama, pemerintah dan masyarakat Indonesia menyatakan duka yang mendalam atas wafat meninggalnya Presiden Raisi di kecelakaan helikopter yang ditumpangi beliau,” kata Jokowi saat dijumpai seusai meninjau lokasi dan korban banjir bandang di Agam, Sumatera Barat, Selasa (21/5/2024).

Jokowi berharap kejadian itu tidak berdampak pada perekonomian khususnya rantai pasok minyak global. Ia menyebut kenaikan harga minyak akan berdampak juga pada kenaikan harga bahan pokok lainnya.

“Kita harapkan tidak berdampak kepada ekonomi global utamanya pada minyak karena kalau sudah harga minyak naik dampak dari peristiwa itu akan berdampak ke mana-mana. Kenaikan harga barang dan lain-lain kita harapkan tidak ada dampak seperti itu,” tambahnya.

Seperti diketahui, Iran mengumumkan lima hari masa berkabung atas tewasnya Presiden Ebrahim Raisi akibat kecelakaan helikopter. Pengumuman itu dikeluarkan pemimpin tertinggi negara Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Senin (20/5/2024).

“Saya umumkan lima hari berkabung dan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran,” ujar Khamenei dalam pernyataan resmi sehari setelah kecelakaan helikopter Raisi di perbatasan Azerbaijan timur, pada Minggu (19/5/2024).

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker