Ilmuwan Ini Ciptakan Kostum Yang Bisa Ubah Urine dan Keringat Jadi Air Minum

Abadikini.com, JAKARTA – James Hobson, ilmuwan dan kreator konten di kanal The Hacksmith berhasil menciptakan kostum yang bisa mengubah urine dan keringat jadi air minum. Dilaporkan Science Times, Selasa (21/5/2024), kostum tersebut diyakini bisa jadi solusi saat bencana kekeringan terjadi.

Menariknya, kostum tersebut justru dibuat dengan riset yang tidak mendalam. James Hobson justru membuat kostum itu dengan berbagai perlengkapan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kostum itu terinspirasi dari novel fiksi dan film fiksi ilimiah Dune. Di film itu para petualang mengenakan pakaian khusus yang dinamakan stillsuit. Pakaian itu bisa mengubah keringat menjadi air minum,” terang Science Times.

Seperti yang digambarkan dalam film dan novel itu, kostum yang dibuat oleh James Hobson dilengkapi dengan tabung yang difungsikan untuk menampung air yang dihasilkan dari sumber eksternal.

Konsep mengubah urine dan keringat menjadi air minum itu dilakukan dengan memanfaatkan pendingin termoelektrik. Perangkat berukuran kecili ini sebenarnya digunakan banyak orang untuk mendinginkan komputer atau peralatan lain.

Pendingin termoelektrik menjalankan arus listrik melalui berbagai jenis logam yang bisa dimanfaatkan untuk pendinginan. Pendingin termoelektrik itu antinya bisa menarik kelembapan di udara yang terperangkap di dalam kostum.

Cara kerjanya hampir mirip dehumidifier. Setelahnya pendingin termoelektrik menyalurkan urine dan keringat  ke filter air in-line yang mereka beli dari toko peralatan olahraga setempat.

Komponen-komponen itu kemudian mengumpulkan air yang dihasilkan dan memungkinkan pemakai untuk menghisapnya seperti sedotan.

“Kostum ini memang tidak terlihat futuristis seperti di film. Tapi sangat menarik untuk dikembangkan ketika bencana kekeringan terjadi di masa depan. Masih  ada cukup waktu untuk terobosan teknologi dan penemuan untuk mengembangkan lebih lanjut,” jelas Science Times.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker