Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Kota Tidore Berlangsung Khidmat

Abadikini.com, TIDORE – Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024 di Kota Tidore Kepulauan berlangsung dengan khidmat dan lancar. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara di Halaman Kantor Walikota Tidore Kepulauan pada Senin pagi (20/5/2024).

Dalam upacara tersebut, Walikota Tidore dua periode ini membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Ari Setiadi. Dalam sambutannya, Ali Ibrahim menekankan pentingnya sejarah kebangkitan bangsa Indonesia yang dipelopori oleh tokoh-tokoh seperti Boedi Oetomo dan R.A. Kartini.

“Kedua tokoh ini memberikan inspirasi penting bagi sumbu-sumbu kecil, yakni para kaum muda embrio bangsa, yang perlahan menjadi nyala berkobar yang kemudian kita kenal sebagai pergerakan kebangkitan nasional, kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesiaannya,” tutur Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim juga menambahkan bahwa dari sejarah tersebut, Indonesia kini memasuki fase kebangkitan kedua dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya, kerja bersama dari seluruh komponen bangsa telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti.

“Hasil demi hasil bisa mulai dinikmati, dari kalangan perkotaan sampai dengan pedesaan, di seluruh penjuru tanah air. Kebangkitan kedua ini merupakan momen terpenting bagi kita. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan,” imbuh Ali Ibrahim.

Di akhir sambutannya, Menkominfo berpesan agar tidak berjalan lamban karena waktu terus berkejaran. Seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi, dan potensi transformasi digital menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045 di momen Harkitnas ini.

Petugas yang berperan dalam upacara ini adalah Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tidore H. Endi Safari sebagai pembaca doa, Kadis Kominfo Kota Tidore Kepulauan Asis Hadad sebagai pembaca UUD 1945, dan Sekretaris Dinas Kominfo M. Iqbal Japono sebagai perwira upacara.

Komandan Upacara adalah Kabid Peternakan Dinas Pertanian Tidore, Khatab Adjam, dengan pengibar bendera dari Purna Paskibraka Kota Tidore Kepulauan. Korsik dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Tidore, serta satuan upacara yang terdiri dari KUPP Soasio, Rutan Kelas II B Soasio, Balai Pemasyarakatan Kelas II Tidore, Satpol PP, Korpri, dan siswa turut berpartisipasi dalam upacara ini.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker