Prabowo Hadiri Pembukaan The 10th World Water Forum oleh Jokowi di Bali

Abadikini.com, BALI – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar di dunia, “The 10th World Water Forum (WWF)” yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Bali International Convention Center (BICC) pada Senin pagi (20/05/2024). Acara ini turut dihadiri para pemimpin negara sahabat, pimpinan organisasi internasional, dan Presiden Dewan Air Dunia.

Presiden Jokowi melakukan penyambutan para kepala negara dan delegasi yang hadir sekitar pukul 08.30 WITA sebelum acara resmi dibuka. Seluruh delegasi akan membahas isu air dan sanitasi global yang kini menjadi perhatian dunia.

“Selamat datang di Bali. Suatu kehormatan bagi Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Forum Air Sedunia yang ke-10, untuk meneguhkan komitmen bersama dan merumuskan aksi nyata pengelolaan air yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Presiden Jokowi menekankan bahwa air adalah sumber kehidupan serta simbol keseimbangan dan keharmonisan. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, air juga dapat menjadi sumber bencana. Sebagai negara dengan luas perairan yang mencapai 65%, Indonesia kaya akan kearifan lokal dalam pengelolaan air, mulai dari sepanjang garis pantai hingga tepian danau.

“Masyarakat kami memiliki nilai budaya terhadap air, salah satunya adalah sistem pengairan subak di Bali yang dipraktikkan sejak abad ke-11 dan diakui sebagai warisan budaya dunia,” jelas Presiden Jokowi.

Tema WWF ke-10, yaitu “Water For Shared Prosperity” atau “Air Bagi Kemakmuran Bersama,” dapat dimaknai menjadi tiga prinsip dasar: menghindari persaingan, mengedepankan pemerataan dan kerja sama inklusif, serta menyokong perdamaian dan kemakmuran bersama. Presiden menekankan bahwa ketiga prinsip tersebut hanya bisa terwujud dengan kolaborasi.

Presiden Jokowi berharap dunia dapat saling bergandengan tangan secara berkesinambungan untuk memperkuat komitmen kolaborasi dalam mengatasi tantangan global terkait air.

Sebelum membuka acara The 10th World Water Forum 2024, Presiden Jokowi turut memperkenalkan Menhan Prabowo yang diharapkan akan melanjutkan komitmen Indonesia untuk berkontribusi terhadap pengelolaan air dunia.

Dalam pembukaan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Presiden World Water Council Loïc Fauchon.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker