Ketua DPD RI Dukung Pengembangan KEK Sorong

Abadikini.com, JAKARTA – Upaya keras Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya dalam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong mendapat respon positif dari Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Senator asal Jawa Timur tersebut menilai KEK Sorong sebagai salah satu instrumen dan lokomotif percepatan pembangunan ekonomi di Papua, yang merupakan pendekatan kesejahteraan untuk mengatasi kompleksitas masalah di wilayah tersebut.

“Problematika di Papua sangat kompleks sehingga membutuhkan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan kesejahteraan. Diharapkan dengan meningkatnya kesejahteraan ekonomi, kita akan mampu mengurangi ketimpangan dan kesenjangan di tanah Papua,” ujar LaNyalla pada Senin (20/5/2024).

LaNyalla menekankan pentingnya sinergi di antara semua pihak di Papua untuk memiliki visi yang sama dalam mengembangkan KEK Sorong. “Setiap pemerintah provinsi di Papua harus memiliki pemikiran yang sama bahwa instrumen percepatan pertumbuhan ekonomi di Papua salah satunya adalah KEK Sorong. Mari semua mengambil peran dalam pengembangannya. Jalan bersama-sama. Sebab dampak ekonominya akan dirasakan oleh seluruh masyarakat Papua,” tambahnya.

Menurut LaNyalla, keberadaan KEK Sorong secara konkret dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan akses terhadap sumber daya dan layanan, serta memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi daerah, seperti pertanian, perikanan, kerajinan, pariwisata, dan industri lokal lainnya.

“Hadirnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat memberikan harapan terhadap peningkatan sosial ekonomi masyarakat. Saya rasa itulah pendekatan yang tepat dalam menangani problematika di Papua,” kata LaNyalla.

Diberitakan sebelumnya, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya berupaya merangkul seluruh Penjabat Gubernur se-tanah Papua dalam pengembangan KEK Sorong sebagai upaya percepatan pertumbuhan ekonomi di Papua. Apalagi dalam waktu dekat ini akan dimulai pembangunan smelter di kawasan tersebut.

KEK Sorong diresmikan pada tahun 2021. Pemerintah berharap dengan adanya KEK Sorong, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, menciptakan lapangan kerja, mengurangi disparitas ekonomi, serta mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah Papua.

Selain KEK Sorong, di Papua juga terdapat kawasan industri di Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. Selanjutnya, direncanakan akan dibangun satu kawasan industri di bidang pertanian di Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker