Di Depan Jokowi, Elon Musk Membayangkan Bumi Tanpa Matahari

Abadikini.com, BALI – Matahari diketahui sebagai sumber kehidupan di Bumi. Sinar Matahari yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu membantu banyak hal yang di dunia ini.

Namun, apa yang terjadi jika Matahari berhenti menyinari Bumi? Sudah ada banyak teori tentang kemungkinan itu. Termasuk miliarder Elon Musk yang mencoba menjawab pertanyaan itu.

Dia mengatakan Bumi akan membeku dan menyebutnya seperti mangkuk es yang gelap. Tanpa Matahari, Bumi akan jadi tempat yang dingin.

“Jadi jika Anda berpikir tentang apa yang terjadi ketika bumi tidak ada matahari, Bumi akan menjadi mangkuk es gelap yang membeku,” kata Musk saat menjawab pertanyaan di gelar World Water Forum, Bali, dilansir dari CNBCIndonesia Senin (20/5/2024).

Elon Musk menjadi pembuka ajang World Water Forum 2024, sebelum resmi dibuka oleh Presiden Jokowi.

“Ini akan sangat tidak menyenangkan. Sangat dingin dan gelap. Tapi karena matahari, tapi suhu kita cukup bagus dan cukup menyenangkan,” imbuhnya.

Jawaban ini merujuk pada pernyataannya soal kemampuan energi surya yang masih dipandang sebelah mata. Padahal kehadiran Matahari sangat penting untuk seluruh dunia.

“Dan matahari menggerakkan hampir seluruh ekosistem bertenaga surya,” ungkapnya.

Dia mencontohkan sinar Matahari yang sampai ke permukaan dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik yang mencapai satu gigawatt per kiilometer. Ini bisa menyinari bagian Bumi yang tidak tersinari Matahari sepanjang waktu.

Dalam kesempatan itu, dia merekomendasikan memberikan kombinasi tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan energi dunia. Ini bisa dikombinasikan dengan baterai maupun tenaga angin.

“Namun besarnya tenaga surya yang tersedia seringkali tidak dipahami dengan baik. Tapi perhitungannya sangat jelas. Jadi saya sangat merekomendasikan kombinasi tenaga surya dan baterai, atau angin dan tenaga surya yang dapat memenuhi semua kebutuhan energi dunia. Banyak sekali,” jelas dia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker