Kontingen Garuda MONUSCO Kongo Pulang Dari Misi Perdamaian

Abadikini.com, JAKARTA – Kontingen Garuda MONUSCO Kongo Tahun 2023 telah kembali ke tanah air setelah menyelesaikan misi perdamaian selama satu tahun di Kongo. Upacara penyambutan diadakan di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, dengan Irjen TNI Laksamana Madya TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), M.Tr.Opsla, bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kontingen ini terdiri dari 1.021 personel, yang dibagi menjadi dua satuan tugas: Satgas TNI Konga BGC XXXIX-E/Monusco dengan 849 personel dipimpin oleh Dansatgas Kolonel Inf Made Sandy Agusto, dan Satgas Kizi XX-T/Monusco dengan 172 personel dipimpin oleh Dansatgas Letkol Czi Khaidir Ilham, S.H. Upacara tersebut juga ditandai dengan penganugerahan Satyalencana Santi Dharma dari Presiden RI kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Konga.

Dalam sambutannya, Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh prajurit atas semangat, dedikasi, dan militansi yang tinggi selama penugasan. “TNI dalam menjaga perdamaian dunia merupakan tugas yang luhur dan mulia sekaligus mengangkat citra dan harum nama TNI di forum Internasional. Berbagai prestasi dan penghargaan telah banyak didapat, dengan prestasi yang didapat hendaknya tidak cepat puas diri sehingga terlena. Prestasi yang diraih justru menjadi pemicu semangat untuk menjadi energi tambahan dalam membangun kinerja organisasi TNI dan mewujudkan TNI yang Prima,” demikian tutur Irjen TNI yang membacakan sambutan Panglima TNI.

Tentang TNI

Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah angkatan bersenjata Republik Indonesia yang bertugas untuk menjaga kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan melindungi segenap bangsa serta seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. TNI juga aktif dalam misi-misi perdamaian internasional melalui partisipasi dalam berbagai operasi perdamaian di bawah naungan PBB.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker