Pemerintah Diminta Percepat Pulihkan Akses Transportasi di Sumbar

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sultan B Najamudin, meminta pemerintah untuk mempercepat pemulihan akses transportasi darat guna penanganan korban banjir lahar dingin dan tanah longsor yang melanda beberapa kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar).

Sultan mengungkapkan bahwa saat ini enam kabupaten dan kota di Sumbar mengalami kelumpuhan akses transportasi darat. Ia menekankan bahwa pemerintah pusat dan daerah, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), harus mengalihkan semua perhatian secara serius kepada para korban di daerah bencana tersebut.

“Atas nama lembaga, kami menyampaikan duka yang mendalam kepada para korban banjir lahar dingin dan tanah longsor di Sumbar. Kami harap pemerintah lebih tanggap menangani situasi di sana secara intensif,” ungkap Sultan melalui keterangan resminya pada Selasa (14/5/2024).

Sultan menjelaskan bahwa bencana alam yang terjadi di Sumbar cukup kompleks dan jarang terjadi, karena melibatkan beberapa jenis bencana alam sekaligus, yakni banjir lahar dingin dan tanah longsor.

“Kami harap semua pihak terkait untuk terus berupaya keras memulihkan akses jalan yang menghubungkan semua daerah terdampak, sehingga pemerintah segera dapat menyalurkan bantuan bahan pangan, pakaian, serta obat-obatan bagi para korban yang selamat,” tegas mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu.

Lebih lanjut, Sultan berharap agar semua korban yang masih tertimbun dan hilang segera ditemukan. Pemerintah dan BNPB juga perlu mengantisipasi longsor dan banjir susulan yang berpotensi kembali terjadi.

Menurut laporan BNPB, jumlah korban meninggal dunia akibat banjir lahar dingin dan tanah longsor yang menerjang enam kabupaten dan kota di Sumbar terus bertambah. Hingga kini, tercatat sebanyak 50 orang meninggal dunia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker