Erdogan Sindir PM Netanyahu: Adolf Hitler akan “Cemburu” Atas Genosida Israel di Palestina

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengeluarkan pernyataan sindiran yang tajam terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Dalam pernyataannya, Erdogan menyebut bahwa Adolf Hitler akan “cemburu” kepada Netanyahu atas “metode genosida” Israel yang diterapkan di Jalur Gaza, Palestina.

“Netanyahu telah mencapai tingkat yang membuat Hitler iri dengan metode genosidanya. Kita berbicara tentang Israel yang menyasar ambulans, menyerang titik distribusi makanan, dan menembaki konvoi bantuan,” kata Erdogan kepada surat kabar Kathimerini Yunani dalam sebuah wawancara, seperti yang dilaporkan oleh Times of Israel, pada Minggu (12/5/2024).

Ini bukan pertama kalinya Erdogan membandingkan Netanyahu dengan pemimpin Nazi. Pada Desember lalu, ia juga mengatakan bahwa Netanyahu lebih buruk daripada Hitler.

Erdogan mempertanyakan bagaimana mungkin bisa menyaksikan apa yang telah dilakukan Israel terhadap rakyat Gaza selama berbulan-bulan dan membenarkan tindakan Israel meledakkan rumah sakit. Masih membandingkan dengan Hitler, Erdogan menyebut Israel juga membunuh anak-anak, menindas warga sipil, dan membuat orang-orang yang tidak bersalah kelaparan, kehausan, dan kekurangan obat-obatan dalam berbagai bentuk alasan.

“Apa yang dilakukan Hitler di masa lalu? Dia menindas dan membunuh orang-orang di kamp konsentrasi,” ucapnya.

Erdogan menegaskan bahwa Gaza telah menjadi penjara terbuka tidak hanya setelah 7 Oktober, tapi juga bertahun-tahun sebelumnya. Dia menekankan hak dan kebebasan masyarakat Gaza, terutama hak untuk hidup, telah dilanggar. Erdogan juga menambahkan bahwa kelompok Palestina menyetujui perjanjian gencatan senjata, namun Israel tidak menginginkan gencatan senjata karena ingin menduduki seluruh wilayah Gaza tersebut.

“Kami membela hak-hak mereka. Kami membela perdamaian. Israel, sebaliknya, terus melanggar resolusi PBB, hukum internasional, dan hak asasi manusia secara sembrono,” tegasnya.

Komentar Erdogan mencerminkan kecaman keras terhadap tindakan Israel di Gaza dan komitmennya terhadap hak-hak rakyat Palestina.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker