Kerja Sama ACGME, ACGME-I, dan Kemenkes untuk Peningkatan Pendidikan Kedokteran Spesialis

Abadikini.com, JAKARTA – Badan Akreditasi Pendidikan Kedokteran Spesialis (ACGME), ACGME Internasional (ACGME-I), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dengan bangga mengumumkan kemitraan dalam Inisiatif Perluasan dan Peningkatan Sistem Pendidikan Kedokteran Spesialis di Republik Indonesia sebagai bagian dari Transformasi Sistem Kesehatan Indonesia.

ACGME, melalui ACGME Global Services, dan ACGME-I, sebuah organisasi independen yang memberikan akreditasi kepada institusi dan program pendidikan dan pelatihan spesialis dokter di luar Amerika Serikat, akan berperan dalam mengadvokasi dan meningkatkan kualitas pendidikan dokter spesialis dan fellowship di Indonesia.

Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin menyatakan, “ACGME, yang mengawasi standar Pendidikan Kedokteran Spesialis untuk Rumah Sakit Pendidikan di Amerika Serikat, banyak di antaranya yang sudah diakui kualitasnya di seluruh dunia, telah terlibat untuk membantu menyelaraskan standar pendidikan GME [pendidikan kedokteran spesialis] Indonesia dengan institusi-institusi terhormat ini.” ujarnya di Jakarta, Sabtu (11/5/2024).

Di bawah perjanjian tripartit ini, Layanan Global ACGME akan memberikan bimbingan untuk menilai lanskap pendidikan kedokteran pascasarjana di Indonesia.

Presiden dan Chief Executive Officer ACGME Thomas J. Nasca, MD, MACP, mengatakan, “ACGME sangat bangga telah dipilih oleh Pemerintah Indonesia untuk memainkan peran kunci dalam transformasi sistem kesehatannya yang monumental dengan mengidentifikasi peluang untuk menyelaraskan sistem nasionalnya dengan standar internasional.”

Selain itu, ACGME-I akan melakukan peninjauan terhadap sejumlah institusi di Indonesia untuk menilai kesesuaian mereka dengan standar akreditasi internasional.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128 turbo128 planet128