World Water Forum ke-10: Mendorong Pengelolaan Air Adil dan Merata

Abadikini.com, JAKARTA – Pengelolaan air yang adil dan merata di seluruh dunia menjadi fokus utama dalam World Water Forum ke-10 yang akan digelar pada 18-25 Mei 2024 di Bali.

Ketua Sekretariat Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum ke-10 dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mohammad Zainal Fatah, menyatakan bahwa forum tersebut menjadi momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan komitmennya dalam mengatasi tantangan pengelolaan air secara global.

“Forum ini adalah kesempatan bagi negara-negara untuk berbagi pengalaman, inovasi, serta solusi dalam mengelola dan memelihara sumber daya air, terutama dalam menghadapi dampak nyata perubahan iklim,” ujar Zainal.

Forum yang bertema “Water for Shared Prosperity” ini terdiri dari tiga proses utama, yaitu proses politik, regional, dan tematik, melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait. Proses tematik mencakup enam sub-tema untuk mencari solusi global bersama.

Sementara itu, proses regional meliputi Asia Pasifik, Amerika, Afrika, dan Mediterania, sedangkan proses politik melibatkan lima tingkatan, mulai dari kepala negara hingga otoritas daerah.

“Setiap negara memiliki permasalahan dan fokus pengelolaan air yang berbeda, sehingga pendekatan komprehensif secara regional diperlukan. Untuk proses politik, kebijakan pengelolaan air akan dibahas mulai dari pelaksana hingga kepala negara,” tambah Zainal.

Ketua Bidang VI Registrasi, Website, dan Sistem Informasi Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum ke-10, Firdaus Ali, menambahkan bahwa Indonesia juga akan membawa semangat perdamaian dalam diplomasi air atau hydro-diplomacy.

“Forum ini adalah kesempatan untuk mengubah kebijakan, semangat, dan spirit kita untuk membuat air sebagai sumber kehidupan dan perdamaian, bukan sumber konflik dan bencana,” ujar Firdaus Ali.

Forum ini juga akan mendorong empat usulan yang diharapkan menjadi kesepakatan bersama, termasuk pendirian Centre of Excellence on Water and Climate Resilience (COE), pengarusutamaan Integrated Water Resources Management (IWRM) on Small Islands, penetapan Hari Danau Sedunia atau World Lake Day (WLD), dan pencantuman dalam Ministerial Declaration Compendium of Concrete Deliverables and Actions sebagai tindak lanjut konkret dari World Water Forum ke-10.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker