Prabowo Akan Bentuk Presidential Club, Begini KataYusril

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan sifat Presidential Club yang akan dibentuk Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto, sukarela.

Sehingga, para presiden terdahulu dibebaskan untuk datang ataupun tidak.

“Sifat club seperti itu tentu harus bersifat sukarela. Yang mau datang silakan datang. Yang enggak mau datang juga enggak apa-apa,” ujar Yusril dilansir dari kompas Senin (6/5/2024).

Yusril menjelaskan, persoalan politik dan pribadi antara para Presiden terdahulu, seharusnya sudah selesai.

Menurutnya, posisi mereka semua adalah negarawan yang sudah tidak punya kepentingan pribadi dan golongan.

“Tetapi mengedepankan kepentingan bersama, kepentingan bangsa dan negara,” ucapnya.

Sementara itu, Yusril menyebut pembentukan klub seperti Presidential Club bisa saja dilakukan secara informal.

Pasalnya, kata dia, klub itu bukanlah lembaga negara, melainkan hanya sebuah forum informal di mana Presiden dan para mantan presiden yang masih hidup bertemu dan bertukar pikiran.

“Apa yang mau didiskusikan tergantung Presiden yang masih aktif. Dia lah yang berinisiatif mengundang para mantan Presiden untuk bertemu dan bertukar pikiran tentang masalah-masalah yang tengah dihadapi bangsa dan negara,” jelas Yusril.

“Para mantan Presiden, berdasarkan ilmu dan pengalamannya masing-masing, dapat memberikan masukan kepada Presiden yang sedan memerintah. Sebagai masukan saja, karena pengambil keputusan adalah Presiden yang sedang memerintah,” imbuhnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker