Disebutkan dalam Al-Qur’an, 2 Buah Ini Sanggup Turunkan Kolesterol

Abadikini.com, JAKARTA – Ada dua nama buah disebutkan di dalam kitab suci Al-Qur’an yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan umat manusia.

Dua buah yang disebut dalam Al-Qur’an itu ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol, buat tersebut adalah buah Zaitun dan buah Tin.

Berikut adalah dua buah penurun kolesterol tinggi yang disebut dalam kitab suci Al-Qur’an.

1. Buah Zaitun atau Olive

Zaitun disebutkan tujuh kali dalam Al-Qur’an. Hal ini menunjukkan betapa penting buah tersebut dalam sejarah perkembangan Islam. Buah zaitun tidak hanya memiliki nilai gizi, obat dan kosmetik; tapi juga memenuhi fungsi agama sebagai tanda kebesaran Allah SWT.

Dalam Surat Al Mu’minun ayat 20, Al-Qur’an memberitahu tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan.

Kolesterol darah tinggi dan tekanan darah keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Buah zaitun memiliki kandungan asam oleat yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung. Zat ini dapat mengatur kadar kolesterol dan melindungi kolesterol LDL (jahat) dari oksidasi.

Selain itu, beberapa penelitian mencatat bahwa buah zaitun dan minyaknya dapat menurunkan tekanan darah.

Zaitun juga kaya akan antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan peradangan hingga mengurangi pertumbuhan mikroorganisme.

2. Buah Tin atau buah Ara

Al-Qur’an punya satu surah bernama Surah At-Tin yang berarti buah tin. Bahkan, Allah bersumpah atas nama buah tin dan juga buah zaitun.

Referensi buah tin dalam ayat Al-Qur’an berbicara tentang manfaat obat dari buah tersebut. Dalam tradisi Islam, apapun yang namanya digunakan untuk bersumpah oleh Allah memiliki keagungan atau kepentingan yang melekat padanya.

Sebelum gula menjadi populer seperti sekarang, buah tin banyak digunakan sebagai pemanis alami.

Buah tin atau buah ara memiliki kandungan pektin, serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut menghilangkan kadar trigliserida berlebih dan membantu menghilangkan trigliserida.

Buah ini adalah sumber kalsium dan potasium yang baik. Kalsium dan potasium bermanfaat meningkatkan kepadatan tulang, yang pada gilirannya dapat mencegah kondisi seperti osteoporosis.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker