2 Artis Senior Ini Rupanya Namanya Pemberian Bung Karno

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno, rupanya punya andil dalam dunia hiburan Tanah Air. Pasalnya ia pernah memberikan nama panggung untuk sejumlah artis di RI.

Nama panggung merupakan nama samaran yang dipakai artis saat menjalankan tugas keartisannya. Nama panggung pemberian Bung Karno itu diketahui sarat akan makna dan akhirnya dikenang sepanjang masa.

Melansir cnbcindonesia Minggu (21/4/2924). Berikut adalah 2 artis legendaris Indonesia yang menggunakan nama panggung pemberian dari Presiden Soekarno:

1. Rima Melati

Rima Melati merupakan nama pemberian Soekarno. Aktris legendaris yang membintangi film “Bengawan Solo” ini memiliki nama asli Marjolien Tambajong.

Diketahui nama Rima Melati diberikan karena Soekarno menganggap nama aslinya terlalu kebarat-baratan. Dia pun mengganti nama Marjolien Tambajong menjadi Rima Melati sekitar awal 1960-an.

Adapun inspirasi nama Rima didapatkan dari tokoh Rima The Bad Girl dalam film “Green Mansions” (1959) yang diperankan Marjolien.

Artis legendaris ini meninggal dunia pada Kamis 23 Juni 2022 lalu di RSPAD Gatot Subroto.

2. Titiek Puspa

Selain Rima Melati, artis legendaris yang yang diberi nama panggung oleh Presiden Soekarno adalah Titiek Puspa.

Perempuan kelahiran 1 november 1937 ini terlahir dengan nama Sudarwati dari pasangan Tugeno Puspowidjojo dan Siti Mariam. Keluarganya kemudian mengganti namanya menjadi Kadarwati dan akhirnya menjadi Sumarti

Titiek Puspa memulai kariernya di kota Semarang dengan mengikuti kontes menyanyi “Bintang Radio.” Sejak saat itu, namanya melambung dan laris manis tampil di layar kaca.

Nama Titiek puspa diperoleh dari nama “Titiek” yang merupakan panggilannya sehari-hari dan Puspa dari “puspo” yang berasal dari nama bapaknya. Nama panggungnya dipilih oleh Presiden Soekarno pada 1950-an.

Selain menyanyi, Titiek Puspa juga sempat menggarap beberapa operet yang digemari oleh pemirsa TVRI pada masa itu seperti operet Bawang Merah Bawang Putih, Ketupat Lebaran, Kartini Manusiawi, dan Ronce-ronce, dan lainnya.

Hingga kini, Titiek Puspa yang berusia 86 tahun masih aktif berkarya. Ia dikenal awet muda dan tetap bugar meski sudah memasuki usia senja.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker