PSG Lolos ke Semifinal Liga Champions usai Hajar Barcelona 4-1

Abadikini.com, JAKARTA – Paris Saint-Germain (PSG) berhasil meraih kemenangan 4-1 atas Barcelona yang bermain dengan 10 pemain, sehingga memastikan langkah mereka ke semifinal Liga Champions dengan agregat 6-4 pada pertandingan di Stadion Estadi Olímpic Lluís Companys, Rabu (17/4/2024) dini hari WIB.

Barcelona sempat unggul lebih dulu melalui gol cepat Raphinha, namun kartu merah Ronald Araujo pada menit ke-29 menjadi titik balik bagi PSG yang tertinggal dua gol setelah kalah 3-2 di leg pertama perempat final.

Dua gol dari Ousmane Dembele dan Vitinha membawa PSG menyamakan kedudukan, sementara Kylian Mbappe mencetak dua gol untuk mengantar timnya ke empat besar pertama kali sejak tahun 2021.

Pelatih PSG, Luis Enrique, yang pernah membawa Barca meraih Liga Champions tahun 2015, yakin timnya dapat membalikkan keadaan meskipun belum pernah berhasil setelah kalah di leg pertama kandang.

“Situasi tampak buruk, tapi tim fokus—apapun yang terjadi, kami harus mengalahkan Barcelona,” kata Dembele.

Barcelona, yang pernah lima kali memenangkan trofi ini, bermimpi kembali ke semifinal pertama kali sejak 2019, tetapi kartu merah Araujo karena menarik Bradley Barcola yang terus menekan mengurangi peluang mereka.

“Sangat sulit bermain di Eropa dengan 10 orang,” ujar gelandang Barcelona, Frenkie de Jong kepada Movistar.

Barcelona sebenarnya mengawali dengan semangat dan berhasil menahan PSG di wilayah mereka, namun gol pembuka justru datang dari tuan rumah.

Bintang muda berusia 16 tahun, Lamine Yamal, berhasil melewati Nuno Mendes dan mengirim umpan silang ke tiang dekat di mana Raphinha berhasil mencetak golnya yang ketiga dalam pertandingan ini.

Meskipun para penyerang lain PSG menemukan jaring, namun Barcola-lah yang mengubah jalannya pertandingan.

Winger tersebut memberi umpan kepada Mbappe tetapi penjaga gawang Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, berhasil menepisnya, sebelum Araujo diusir karena menjatuhkannya.

Dembele mencetak gol pada menit ke-40 dari umpan silang Barcola yang menyusur area penalti ke tiang jauh di mana ia berhasil memasukkan bola ke atap gawang.

Barcelona mengorbankan Yamal demi bek Inigo Martinez setelah kartu merah Araujo dan hal itu membuat mereka kekurangan opsi di lini serang.

Dengan PSG mengontrol permainan, Barcelona segera membayar harga ketidakmampuan mereka menjaga penguasaan bola.

Vitinha mendapatkan terlalu banyak ruang di tepi kotak penalti dan berhasil menyarangkan bola ke sudut bawah untuk membawa PSG unggul pada malam itu.

Ilkay Gundogan sempat mendapatkan kesempatan emas sepakannya membentur tiang untuk Barcelona sebelum pelatih mereka, Xavi, dikirim keluar karena protes di pinggir lapangan.

Barcelona kehilangan Xavi dan Joao Cancelo akibat melakukan pelanggaran ceroboh terhadap Dembele sehingga PSG mendapatkan penalti.

Mbappe, mengeksekusi penalti ke sudut atas untuk gol ke-40 nya di semua kompetisi musim ini.

Mbappe menutup kemenangan pada menit ke-89 setelah penyelamatan ganda dramatis dari Ter Stegen.

Berkat kemenangan ini, PSG unggul 6-4 secara agregat dan berhak mendapat tiket ke semifinal Liga Champions.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker