Menteri PUPR Sebut usai Upacara 17 Agustus ASN mulai pindah ke IKN

Abadikini.com, JAKARTA – Aparatur Sipil Negara (ASN) akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) pada 17 Agustus 2024, tepatnya setelah upacara HUT RI yang ke-79.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan hal tersebut dalam acara Halalbihalal Idulfitri 1445 Hijriah di Keluarga Besar Kementerian PUPR.

“Kalau ASN sendiri, Agustus 2024 untuk rencana 17 Agustusan baru setelah itu pindah,” ungkap Basuki kepada wartawan, Selasa (16/4/2024).

Ia melanjutkan, kepindahan ASN akan dilaksanakan setelah upacara kemerdekaan karena hunian dan kantor yang berada di IKN untuk sementara akan digunakan oleh para petugas upacara.

“Hunian-hunian yang ada dan kantor di sana dipakai dulu untuk petugas-petugas upacara 17-an,” imbuhnya.

Menteri Basuki juga mengatakan, dirinya akan memantau progres terakhir IKN pada minggu depan. Air minum menjadi target krusial yang dipastikan harus sudah masuk pada Juni.

Menurutnya, air minum sangat krusial karena memengaruhi percepatan kepindahan ASN ke IKN di bulan Agustus.

“Saya mau ke IKN melihat progres terakhir supaya Juni targetnya kalau yang krusial air minum harus sudah masuk, supaya Juli sudah mulai bisa kita manfaatkan untuk pindahannya,” ujar Basuki.

Basuki menambahkan, untuk hunian khusus untuk ASN telah disiapkan oleh pemerintah sebanyak 47 tower hunian di IKN. Hingga kini sebanyak 12 tower telah ditargetkan akan selesai pada Juli sebelum Hari Kemerdekaan, tetapi dia berharap semua dapat rampung pada Juni 2024.

Namun, kata Basuki, untuk furnitur di tempat hunian akan ditahan hingga perayaan upacara 17 Agustus selesai. Hal itu dikarenakan hunian akan ditempati oleh petugas upacara.

“Furniturnya saya tahan dahulu, karena untuk petugas-petugas (upacara). Furnitur yang disiapkan paling tempat tidur dan meja makan, sedangkan furnitur lainnya saya tahan dulu. Nanti kalau sudah selesai upacara HUT RI, semua furnitur akan dimasukkan, tetapi semua sudah dibelanjakan,” kata Basuki.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker