Usai Baca Buku dari Penulis Yahudi Ini Yang Sebabkan Zara Putri Ridwan Kamil Lepas Hijab

Abadikini.com, JAKARTA – Camillia Laetitia Azzahra atau yang akrab dikenal Zara, anak mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi perbincangan hangat rakyat Indonesia, terkait keputusannya melepas hijab. Diduga Zara memutuskan untuk melepaskan hijabnya setelah membaca buku Sapiens: Sejarah Singkat Umat Manusia (2014), karya seorang penulis Israel, Yuval Noah Harari.

Lantas siapa itu Yuval Noah Harari? Dikutip dari beberapa sumber, Yuval Noah Harari adalah sejarawan asal Israel yang mengajar di Departemen Sejarah Universitas Ibrani Yerusalem. Selain Sapiens, karya lainnya yang dikenal, yakni Homo Deus: Masa Depan Umat Manusia (2015).

Harari, lahir pada 24 Februari 1976, menjadi salah satu figur sejarawan yang dianggap relevan dengan karya-karyanya yang masih mendapat perhatian hingga saat ini. Harari belajar di Universitas Ibrani Yerusalem dari 1993 hingga 1998. Ia meraih gelar sarana sejarah abad pertengahan dan sejarah militer.

Gelar doktoral Harari diperoleh dari Universitas Oxford pada 2002 dengan bimbingan dari Steven J. Gunn, sejarawan asal Inggris. Saat di Oxford, Harari pertama kali mengenal tulisan Jared Diamond, yang diakui sebagai pengaruh dalam tulisannya sendiri.

Dalam Sapiens, Harari mengupas sejarah manusia mulai dari “revolusi kognitif” sekitar 50.000 tahun lalu, saat Homo sapiens menggantikan Neanderthal, mengembangkan bahasa, struktur sosial, dan menjadi predator teratas. Dia juga membahas dampak revolusi agrikultur serta kemajuan ilmiah. Sedangkan Homo Deus mengeksplorasi visi manusia tentang masa depan dengan referensi sejarah.

Buku Sapiens mendapat apresiasi karena menggali perilaku dan pendekatan sejarah melalui lensa ilmiah. Buku ini juga menguraikan tiga peristiwa revolusioner yang dianggap sebagai pendorong sejarah global.

Namun, ada kritik terhadap buku ini karena dianggap menganulir peran agama. Bagi Yuval Noah Harari, agama dibangun di atas dasar mitos. Baginya, mitos adalah cerita tanpa dasar pada benda nyata atau objek material.

Harari juga menerbitkan beberapa buku dan artikel, antara lain Special Operations in the Age of Chivalry, 1100–1550The Ultimate Experience: Battlefield Revelations and the Making of Modern War Culture, 1450–2000The Concept of ‘Decisive Battles’ in World History, dan Armchairs, Coffee and Authority: Eye-witnesses and Flesh-witnesses Speak about War, 1100–2000.

Buku Homo Deus bahkan turut mendapat perhatian dari tokoh-tokoh seperti Bill Gates, Barack Obama, Mark Zuckerberg, dan Oprah Winfrey. Di Indonesia, buku Sapiens juga pernah dibaca artis-artis, seperti Maudy Ayunda dan Ariel Noah.

Di luar dari karyanya, Harari adalah seorang gay. Ia menikahi suaminya, Itzik Yahav pada 2002, dalam upacara sipil di Toronto, Kanada. Yahav juga menjadi manajer pribadi Harari.

Dikenal sebagai sosok ateis, Harari telah berlatih meditasi Vipassana sejak 2000. Harari juga memandang meditasi sebagai cara untuk penelitian.

Harari termasuk kritikus terhadap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, khususnya menentang rencana reformasi yudisial dari pemerintahan Israel ke-37. Dalam percakapan dengan Lex Fridman pada 2023, ia menyebut Netanyahu mencoba untuk mengambil alih mahkamah agung, agar mendapatkan kekuasaan tanpa batas.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker