Kabupaten Kupang Gelar Pangan Murah dan Pasar Tani

Abadikini.com, KUPANG – Dikawasan Civic Center Perkantoran Oelamasi, digelar acara Gerakan Pangan Murah (GPM) dan Pasar Tani, yang dibuka secara langsung oleh Bupati Korinus Masneno, Jumat (5/4/2024).

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, perwakilan Perum Bulog, Id Food, dan para Kelompok Tani dan pelaku usaha pangan lainnya yang dijual antara lain beras, gula pasir, telur, sayuran, dan produk olahan dari petani.

Korinus Masneno menyampaikan terima kasih kepada semua petani yang berasal dari beberapa desa, yang telah mengambil peran aktif di dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

Tak hanya itu,ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi Id Food, Perum Bulog dan pelaku usaha lainnya yang turut serta ambil bagian dalam acara ini.

“Kegiatan ini walaupun digelar menjelang akhir masa jabatan yang tinggal hitung hari, namun saya inginkan semangat kerja kita terus dibangun demi kesejahteraan bersama.Hari ini kita begini, pasti besok kita lebih baik,”

“Saya dan bapak Wakil Bupati sampaikan ucapan terima kasih kepada para petani dan pegawai Pemkab Kupang, yang sudah banyak membantu kami dalam membangun Kabupaten Kupang hingga akhir jabatan. Karena sejatinya, kami tak bisa kerja sendiri tanpa campur tangan semuanya,” ungkap Masneno.

Baginya kegiatan ini sebagai wujud komitmen dan perhatian kita semua untuk membantu serta meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga murah dan berkualitas.

Kondisi ketersediaan akses pangan saat ini memang sedang mengalami penurunan, dampak dari perubahan iklim, sehingga sangat berpengaruh pada meningkatnya harga bahan pokok di tengah-tengah masyarakat sehingga menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat.

“Menyikapi hal tersebut, Pemda berupaya melakukan gerakan pangan  murah agar masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasar namun berkualitas,” kata Masneno.

Dalam kegiatan itu, Bupati Masneno dan Wabup Jerry Manafe ikut berbelanja bahan pangan pokok.

Selain itu, terlihat jualan para kelompok tani laris manis dibelanjakan para pegawai di Oelamasi.

Novi, penjual rebusan Kacang kedelai mengaku bahagia bisa dilibatkan dalam gerakan pangan murah dan pasar tani ini.

Baginya Pemkab Kupang melalui Dinas Pertanian telah membantu memberikan bibit dan melakukan pendampingan, sehingga besar manfaat yang diterima.

“Walaupun baru pertama kali menjual hasil pertanian ini, tapi banyak yang berminat untuk membeli dan saya syukuri itu. Semoga kedepan hasil pertanian khususnya kacang kedelai ini lebih luas pasarnya,”ungkap dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang, Amin Juariah menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan GPM dan pasar tani ini adalah mendukung stabilitas pasokan dan harga bahan pangan pokok strategis bagi masyarakat terhadap bahan pokok dengan harga terjangkau, menyerap produk pertanian dengan harga yang layak, dan membentuk jaringan pemasaran bagi produsen pertanian.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker