CEO YouTube Ingatkan OpenAI

Abadikini.com, JAKARTA – CEO YouTube Neal Mohan mengingatkan OpenAI supaya tidak menggunakan konten video dari platformnya untuk melatih model AI karena tindakan tersebut jelas melanggar ketentuan penggunaan platform.

Menurut siaran Engadget pada Jumat (5/4), pernyataan itu disampaikan menanggapi CTO OpenAI Mira Murati, yang pada akhir Maret 2024 menyatakan bahwa dia tidak yakin apakah model AI Sora mengambil data dari unggahan platform seperti YouTube, Instagram, dan Facebook.

Dalam wawancara dengan Bloomberg Originals, Mohan mengatakan bahwa salah satu ekspektasi kreator ketika mengunggah karya ke YouTube adalah bahwa ketentuan layanannya akan dipatuhi.

“Itu tidak memungkinkan hal-hal seperti transkrip atau bit video untuk diunduh, dan itu jelas merupakan pelanggaran terhadap persyaratan layanan kami. Itu adalah peraturan dalam hal konten di platform kami,” kata Mohan.

Masalah penggunaan karya individu tanpa izin (atau kompensasi) oleh model AI bukanlah hal baru. Entitas seperti The New York Times dan Getty Images sudah mengajukan tuntutan hukum terhadap kreator kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) bersama artis dan penulis.

Ketidakpastian dan kontroversi masih menyelimuti cara OpenAI melatih Sora, bersama dengan ChatGPT dan DALL-E.

The Wall Street Journal baru-baru ini melaporkan bahwa perusahaan yang berdiri tahun 2015 itu berencana menggunakan transkripsi video YouTube untuk melatih GPT-5.

Sebagai pesaing OpenAI, Google tampaknya lebih mengikuti aturan, setidaknya dalam hal penggunaan konten YouTube, platform miliknya.

Model AI Google, Gemini, menurut Mohan, hanya menggunakan video tertentu, tergantung pada izin yang diberikan berdasarkan kontrak lisensi dengan masing-masing kreator.

sumber: Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker