Satlantas Polres Pasaman Edukasi Pengendara Soal Keselamatan Berlalu Lintas

Abadikini.com, PASAMAN – Pada hari Senin tanggal 25 Maret 2024 jajaran Satlantas Polres Pasaman melakukan serangkaian kegiatan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Kegiatan yang dipimpin Kasatlantas, AKP. Hidayanda Rizki itu dilaksanakan di dua tempat, yaitu di depan Mako Satlantas dan di depan Kantor Bupati setempat.

“Caranya, kami menyetop setiap pengendara yang tidak lengkap, tidak memakai helm. Lalu, kami memberikan imbauan atau arahan tentang pentingnya memakai helm. Sebelum mereka pulang, kami juga memberikan helm SNI agar mereka selamat sampai dirumah,”ucap Kasatlantas, AKP Hidayanda Rizki, SH melalui keterangan pers dikutip Abadikini, Selasa (26/3)

Menurut dia, jika bertemu dijalan, pengguna jalan tidak perlu takut melihat aparat polisi apabila mereka berkendara dengan lengkap. Pasalnya, kata dia, dengan mencari jalan pintas itu akan membahayakan diri pengguna jalan itu sendiri.

“Adalah normal, ketika kita berkendara tidak lengkap lalu merasa cemas lantaran beranggapan kita dikejar-kejar petugas (polisi,-red), kemudian mencari jalan tikus untuk menghindari petugas, padahal kami tidak razia, hanya ingin memberikan edukasi saja,”cetus pria yang gemar bersedekah tersebut.

Kehadiran aparat kepolisian di jalan kata Kasatlantas, bukan untuk menakut-nakuti melainkan melayani dan mengayomi serta melindungi.

“Kami, seyogyanya adalah pelayan masyarakat yang siap untuk melayani, mengayomi dan melindungi, bukan menakut-nakuti. Kalau ketemu di jalan, gak usah lari. Syukur-syukur selamat, kalau nanti kecelakaan karna berkendara dalam keadaan cemas bagaimana, kan tidak baik juga bagi pengendara itu,”celetuknya sambil tersenyum.

Ia bersama jajarannya menghimbau pengendara agar memperhatikan keselamatan dalam berlalu lintas agar tidak celaka dan selamat sampai tujuan. “Ingat, anak dan isteri kita menantikan kita dirumah. Maka, berkendaralah dengan tertib, sesuai aturan. Kalau sudah tertib, tidak akan ada petugas polisi yang akan menyetop laju kendaraan dijalan. Percayalah, kami petugas hanya ingin melayani,”katanya. (Risko)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker