Fitur Android 15 Dinilai Lebih Canggih daripada Iphone

Abadikini.com, JAKARTA – Salah satu fitur dalam pembaruan Android 15 mirip dengan yang dihadirkan iPhone terbaru. Fitur tersebut adalah layanan jaringan satelit darurat.

Sebelumnya, Apple menyematkan fitur SOS Emergency Satellite dalam beberapa iPhone. Fitur tersebut akan membantu pengguna tetap terkoneksi dengan satelit meski tanpa tidak terhubung internet.

Namun koneksinya masih memiliki sejumlah keterbatasan. Yakni hanya bisa diakses untuk iPhone 14 dan iPhone 15, belum tersedia untuk iPhone yang lebih lama.

“Anda bisa menghubungkan iPhone ke satelit untuk mengirim SMS ke layanan darurat, meminta bantuan pinggir jalan dan berbagi lokasi dengan teman dan keluarga, tanpa jangkauan seluler atau Wifi,” kata Apple dilansir dari CNBCIndonesia Selasa (26/3/2024).

Google memperluas jangkauan fiturnya dibandingkan dengan yang dihadirkan oleh Apple. Gizchina melaporkan Google memperluas paket seluler dengan menyertakan paket tambahan dengan satelit.

Selain itu, aplikasi pesan inti dalam perangkat juga bisa memanfaatkan jaringan satelit. Jadi menghindari pengguna tidak bisa terhubung dengan koneksi internet, dikutip Selasa (26/3/2024).

Salah satu yang perlu dicatat Google memasukkan konektivitas menggunakan satelit LEO (low-earth orbit). Sebagai contoh, LEO digunakan oleh jaringan satelit milik Starlink SpaceX.

Belum ada kabar jangkauan fitur ini untuk Android. Namun berdasarkan kode beta, telah ada kerja sama dengan salah satu perusahaan operator T-Mobile.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker