Bupati Ruksamin Kunjungi Danpuspenerbad Guna Persipan Pembangunan Lanudad Konasara

Abadikini.com, JAKARTA – Bupati Konawe Utara Ruksamin berkunjung di Markas Besar Komandan Pusat Penerbang Angkatan Darat (Danpuspenerbad) di Jalan Pd. Cabe Raya, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Senin (25/3).

“Kedatangan saya di Markas Besar Danpuspenerbad adalah dalam rangka Persiapan pembangunan Pangkalan Udara Angkatan Darat (Lanudad) Konasara dan Skuadron Serba Guna Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) di Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara,” kata Ruksamin dalam keterangan, Selasa (26/3/2024).

Kedatangan Ruksamin disambut langsung Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat Mayjen TNI Arief Jaka Tandang Gandapraja, beserta jajarannya.

“Dalam pertemuan tersebut, pihaknya membahas terkait pembangunan Lanudad Konasara dan Skadron Serbaguna Puspenerbad secara mendalam dan menyeluruh,” ujar ketua DPW PBB Sulawesi Tenggara itu.

Dia menjelaskan, pembangunan Lanudad dan Skadron Puspenerbad di Konawe Utara seluas 180 hektare, sebagai penguatan pertahanan nasional. Sebab, Kabupaten Konawe Utara, dinilai sangat strategis sebagai lintas zona Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III, yang melintasi Samudra Pasifik, Laut Maluku, Laut Seram, Laut Banda, Selat Ombai, Laut Sawu, Samudra Hindia. Rencana pembangunan telah masuk dalam rencana strategis TNI AD 2024-2029.

Pertimbangan utama pembangunan Penerbad di kabupaten Konawe Utara yakni selain sebagai Pembangunan Postur dan Gelar TNI AD juga berfungsi untuk pendekatan kesejahteraan daerah dan pendekatan keamanan. Pulau Sulawesi masuk dalam jalur ALKI III yang mesti dijaga dan Konawe Utara sangat layak karena wilayah tersebut sangat dekat ALKI III selain itu juga pembangunan lanudad di konut dapat berfungsi meningkatkan perekonomian daerah melalui pengembangan fungsi Lanud (Bandara).

“Posisi strategis Pangkalan Udara bisa dimanfaatkan TNI AD di kabupaten Konawe Utara dalam mengumpulkan dan menyuplai kekuatan menuju lokasi yang kerap terjadi konflik,”

“Pangkalan Udara Konawe Utara juga dinilai bisa menjadi lokasi transportir alutsista canggih untuk meredam situasi yang konflik di beberapa wilayah terdekat,” jelas Ruksamin.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker