Cara Baru Dapat Penghasilan di TikTok, Google Makin Ditinggal

Abadikini.com, JAKARTA – TikTok punya cara baru untuk memonetisasi konten bagi kreator. Metriknya simpel, dengan melihat seberapa sesuai konten kreator dengan pencarian pengguna di dalam platformnya.

Metrik itu merupakan salah satu dari empat elemen yang diperhitungkan TikTok untuk menentukan pembayaran pada konten seseorang. Ini terdapat dalam program monetisasi baru platform bernama ‘Creator Rewards’.

Metrik yang dimaksud memiliki fungsi seperti search engine optimization (SEO) yang populer digunakan oleh mesin pencari Google. SEO merupakan riset keyword yang memungkinkan publisher atau pengguna membuat konten sesuai dengan hasil pencarian.

TikTok memiliki tool yang hampir mirip. Tool baru itu disebut sebagai ‘Creator Search Insight’ atau Wawasan Pencarian Pembuat Konten.

TikTok akan memberikan semacam ide video untuk para pembuat konten. Dengan begitu, mereka bisa menyesuaikan konten yang diminati oleh pengguna lainnya.

“Pembuat konten bisa mencari inspirasi untuk konten mereka, menyesuaikan strategi kreatif untuk memenuhi minat pemirsa dan membuat konten yang ingin dilihat lebih banyak orang,” jelas TikTok, dikutip dari The Verge, Rabu (20/3/2024).

Upaya baru ini, The Verge mencatat menjadi cara TikTok memantapkan diri sebagai mesin pencari. Google yang diketahui sebagai raksasa mesin pencari mulai tergantikan dengan keberadaan TikTok.

Dilaporkan lebih banyak pengguna khususnya anak muda menggunakan TikTok untuk mencari sesuatu dari platform berbagi video itu. Ini terungkap dalam laporan Adobe bulan Januari lalu.

Laporan itu mengatakan lima orang di AS menggunakan TikTok sebagai mesin pencarian. Sementara satu dari 10 Gen Z menggunakan TikTok dibandingkan Google.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128