6 Manfaat pada Tubuh Saat Berpuasa

Abadikini.com, JAKARTA – Berpuasa di bulan Ramadhan bukan sekadar kewajiban bagi umat muslim selama satu bulan lamanya saja, ternyata juga sangat memberikan manfaat kesehatan bagi mereka yang menjalani.

Meski harus menahan rasa lapar dan haus, orang yang berpuasa selama sehari dapat memberikan berbagai dampak pada tubuh, seperti memengaruhi cara tubuh menggunakan energi.

Seperti Dilansir dari Medical News Today, Kamis (14/3/2024), banyak penelitian yang menunjukkan manfaat dan risiko berhenti makan selama sehari, termasuk pengaruhnya terhadap penurunan berat badan.

Berikut ini 6 hal yang bermafaat pada tubuh Anda saat berpuasa Ramadhan.

1. Memicu pembersihan tubuh
Saat tubuh tidak menerima makanan, ia beralih ke autophagy, yang merupakan proses makan diri sendiri. Ini adalah saat sel-sel tubuh membersihkan diri dari komponen yang rusak, membantu meregenerasi sel-sel baru, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Membakar lemak untuk energi
Ketika makanan berhenti masuk, tubuh mulai memanfaatkan cadangan lemak sebagai sumber energi utama melalui proses yang disebut ketosis. Proses ini meningkatkan metabolisme dan membantu pembakaran lemak yang lebih efektif, baik untuk penurunan berat badan maupun kesehatan metabolik.

3. Mempertajam pikiran dan memori
Sebuah studi menunjukkan puasa dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk memori dan kemampuan belajar. Aktivitas ini juga meningkatkan produksi sel-sel saraf baru di hippocampus, bagian otak yang penting untuk memori dan pembelajaran.

4. Terbentuknya sistem kekebalan tubuh
Puasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih, yang melawan infeksi dan penyakit. Studi pada manusia menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih dan aktivitas antioksidan setelah puasa.

5. Mengurangi peradangan
Puasa dapat mengurangi peradangan kronis dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko untuk berbagai penyakit, seperti diabetes dan kanker, dengan menurunkan kadar penanda peradangan.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Puasa juga mampu mendukung kesehatan pencernaan dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, yang penting untuk pencernaan sehat, penyerapan nutrisi, dan kekebalan tubuh.

Penting untuk diingat bahwa puasa tidak cocok untuk semua orang. Orang dengan kondisi medis tertentu, ibu hamil, dan menyusui, serta anak-anak sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa.

Pastikan untuk minum banyak cairan selama puasa untuk menghindari dehidrasi, dan makan makanan sehat saat berbuka puasa dan sahur untuk menjaga kesehatan tubuh.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker