Pengamat Sebut Ruksamin Menjadi Pengaruh Besar PBB Raih 4 Kursi di DPRD Sultra

Abadikini.com, KONUT – Partai Bulan Bintang (PBB) Sulawesi Tenggara (Sultra), tampil gemilang di Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024. Partai yang dinahkodai Ruksamin itu, melejit. Semula perolehan pileg 2019 lalu 1 kursi, kini merengkuh 4 kursi.

Berdasarkan hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, Senin 11 Maret 2024, PBB mengumpulkan 144,057 suara.

Empat kader PBB yang duduk di DPRD Sultra yaitu Nur Ponirah dari Daerah Pemilihan (Dapil) 6 (Konawe Utara, Konawe, Konawe Kepulauan), dengan raihan suara individu 24,473. Kemudian Abdul Halik dapil 2 (Konawe Selatan-Bombana) merengkuh 7,477 suara.

Selanjutnya Rosni perwakilan dapil 4 (BauBau, Buton, Buton Tengah, Wakatobi, Buton Selatan) berhasil mengumpulkan 7,136 suara. Terakhir, Wisra Wasta Wati dapil 5 (Kolaka Timur, Kolaka, Kolaka Utara) dengan perolehan suara individu 9,665.

Torehan 4 kursi di pileg 14 Ferbuari 2024, menjadi sejarah penting PBB. Sejak pemilu pertama 5 April 2004, pasca perubahan amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, saat itu PBB menorehkan 3 kursi di DPRD Sultra.

Melangkah di Pemilu 2009, PBB berhasil meraih 2 kursi. Nahas, di pemilu 2014, PBB tak mampu mempertahankan eksistensinya di DPRD Sultra (0 kursi). Melangkah di Pemilu 2019, PBB hanya mampu mengukir 1 kursi.

Perubahan besar di pileg 2024 ini dibawah komando Ruksamin, PBB tampil percaya diri dan berhasil merebut 4 kursi di DPRD Sultra.

Pengamat politik Sultra Dr. Najib Husain mengatakan, komposisi 4 kursi di DPRD Sultra yang diraih PBB, tidak lepas dari pengaruh besar Ruksamin membantu para caleg PBB berjuang di tengah masyarakat.

“Faktor Ruksamin sebagai aktor yang turun langsung membantu,” kata Dr. Najib Husain, Senin (11/3).

Hal senada disampaikan pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) Andi Awaludin Ma’ruf, SIP., M.Si. Dia mengatakan, militansi Ruksamin bekerja di tengah masyarakat membantu maksimal caleg DPRD Provinsi, menjadi variabel utama PBB meraih 4 kursi. Motivasi tersebut tak lepas dari misi Ruksamin bakal maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 27 November 2024.

“Ruksamin telah bekerja jauh-jauh hari, tidak hanya membesarkan namanya, namun juga konsisten menggaungkan PBB agar tertanam kuat di nalar masyarakat. Puncaknya Ruksamin saat kampanye Pemilu 2024, terlihat jelas konsolidasi kader yang didorong bertarung benar-benar matang dengan perhitungan terukur berjuang untuk menang,” kata Awaludin Ma’ruf.

Melalui raihan 4 kursi, kata dia, peluang Ruksamin maju di Pilgub 2024, semakin terbuka lebar. Dengan pengalaman bertarung di Pilkada Konawe Utara dua periode, Ruksamin sangat berpengalaman untuk menempuh kekuatan khususnya menghimpun koalisi agar bisa 9 kursi sebagai tiket mencalonkan diri di pilgub.

“Namum jika Ruksamin berhasrat menjadi 01 di pilgub, maka sudah harus dimulai saat ini melakukan manuver untuk mendapatkan restu dukungan parpol lain yang memiliki kursi di DPRD Sultra,”ujar Awaludin Ma’ruf.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker