KPK – ICAC Hong Kong Perkuat Kerja Sama Berantas Korupsi Lintas Negara

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua KPK Alexander Marwata melakukan pertemuan dengan Ketua Independent Commission Against Corruption (ICAC) Hong Kong Mr. Woo Ying-Ming dalam rangka penguatan kerja sama antar lembaga dalam penanganan kejahata, Kerjasama Bilateral dan pemberantasan korupsi lintas negara di ICAC Building, Hong Kong, Jumat (23/2).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Pemerintahan Daerah Administratif Hong Kong (Hon) John Lee Ka-Chiu beserta delegasi lembaga anti korupsi dari sejumlah negara seperti Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) Singapura, Anti-Corruption Bureau (ACB) Brunei Darussalam, Special Investigation Unit (SIU) Afrika Selatan, Office of Public Sector Anti-Corruption (PACC) Thailand dan sejumlah instansi domestik HK.

Alex mengatakan bahwa penguatan kerja sama dapat terjalin perihal peningkatan kapasitas dan benchmark, yang diperlukan KPK dalam menjalankan tugas pemberantasan korupsi.

“KPK juga memerlukan bantuan dan dukungan dari banyak pihak perihal pertukaran informasi data, khususnya terkait penanganan perkara yang sedang ditangani oleh KPK,” kata Alex dalam keterangan dikutip, Senin (26/2/2024).

Pada Juli tahun 2023, ICAC HK telah mengirimkan sejumlah penyidik ke KPK untuk memberikan pelatihan mengenai special financial investigations. “Tujuan khusus dari kegiatan benchmark ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pegawai KPK dalam menangani laporan pengaduan masyarakat atas dugaan suap atau korupsi, serta dalam pengembangan alat dan metode analisis data serta pengembangan perkara,” tambah Alex.

KPK dan ICAC Hong Kong telah bertukar informasi dan data secara intensif dalam kurun 10 tahun terakhir. Kerja sama ini meliputi bantuan dalam pencarian individu, informasi mengenai dokumen pendirian perusahaan, pelacakan aset, serta wawancara saksi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker