Ditentang Gereja Ortodoks, Yunani Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Abadikini.com, ATHENA – Yunani menjadi negara pertama penganut Kristen Ortodoks yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Pelegalan ini memecah belah bangsa dan mendapat perlawanan dari Gereja Ortodoks.

Melansir BBC Jumat (16/2/2024), pernikahan sesama jenis di Yunani legal setelah hasil pemungutan suara di parlemen unggul dengan angka 176-76 pada Kamis (15/2/2024). Pasangan sesama jenis ini juga akan diizinkan secara hukum untuk mengadopsi anak.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan undang-undang baru ini akan berani menghapuskan kesenjangan yang serius. Ia telah memperjuangkan RUU tersebut namun membutuhkan dukungan dari partai-partai oposisi untuk mewujudkannya.

“Orang-orang yang selama ini tidak terlihat akhirnya akan terlihat di sekitar kita dan bersama mereka, banyak anak-anak akhirnya akan menemukan tempat yang tepat bagi mereka,” ucapnya kepada parlemen dalam debat menjelang pemungutan suara.

“Reformasi membuat kehidupan beberapa warga negara kita menjadi lebih baik, tanpa menghilangkan apa pun dari kehidupan banyak orang,” tambahnya.

Meski telah disahkan, pemerintah mendapat perlawanan sengit yang dipimpin oleh Gereja Ortodoks yang kuat hingga mengadakan aksi demonstrasi di Athena.

Peserta demo membentangkan spanduk, memegang salib, hingga membaca doa dan menyanyikan ayat Alkitab di Lapangan Syntagma di Athena.

Kepala Gereja Ortodoks, Uskup Agung Ieronymos mengatakan pelegalan pernikahan sesama jenis akan merusak kohesi sosial Yunani.

Diketahui, 15 dari 27 anggota Uni Eropa telah melegalkan pernikahan sesama jenis dan hingga saat ini hal itu telah diizinkan di 35 negara di seluruh dunia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker