Tak Hanya iPhone, Apple Dikabarkan Tengah Kembangkan iPad Lipat

Abadikini.com, JAKARTA – Apple saat ini sedang dalam tahap pengembangan dua prototipe iPhone yang dapat dilipat secara horisontal, bahkan, mereka juga tengah mengembangkan iPad lipat, menurut laporan dari The Information yang dilansir GizChina, Kamis (8/2/2024).

Proyek teknologi iPhone yang dapat dilipat tersebut dimulai pada tahun 2018, menghasilkan dua prototipe aktif yang mengadopsi desain clamshell atau lipatan horizontal.

Namun, produksi massal iPhone yang dapat dilipat itu tidak diantisipasi hingga 2024 atau 2025. Tim teknisi menghadapi tantangan yang berkaitan dengan daya tahan, terutama dengan kerentanan layar eksternal terhadap kerusakan.

Meskipun ada aspirasi untuk desain ramping yang sebanding dengan iPhone yang ada saat ini, Apple mengalami rintangan seperti keterbatasan ukuran baterai sehingga menghambat kemajuan proyek gawai lipat tersebut.

Meskipun diskusi dengan produsen Asia telah dilakukan untuk mengeksplorasi potensi iPhone yang dapat dilipat dalam berbagai ukuran, prospek pembatalan masih mungkin terjadi jika standar desain yang ketat tidak terpenuhi.

Tantangan utama membuat iPhone lipat terletak pada pencapaian desain layar yang tipis dan menghadap ke luar sekaligus mengatasi kendala komponen praktis.

Apple juga sedang mendalami pengembangan iPad yang dapat dilipat, kira-kira seukuran iPad Mini. Tujuannya adalah untuk mengurangi lipatan di bagian tengah layar dan merekayasa engsel datar untuk pengalaman pengguna yang mulus, seperti yang diuraikan dalam laporan tersebut.

Awalnya ditunda pada tahun 2020, fokus proyek itu bergeser ke arah iPad yang dapat dilipat ke dalam dengan layar delapan inci. Pendekatan itu bertujuan untuk melonggarkan persyaratan daya tahan dibandingkan dengan ponsel.

Namun demikian, Apple tampaknya berkomitmen untuk menyelesaikan masalah gawai lipat yang saat ini sering ditemukan seperti layar yang tidak mulus di bagian lipatan.

Meskipun ada upaya berkelanjutan, peluncuran iPhone atau iPad lipat tidak akan diadakan dalam waktu dekat.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker