TPID Kota Tidore Pantau Harga Bahan Pangan di Pasar Galala, Oba Utara

Abadikini.com, TIDORE – Pemerintah Daerah melalui tim Teknis Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tidore Kepulauan melakukan Pemantauan harga bahan pangan di pasar Galala Kecamatan Oba Utara, Sabtu (27/1/2023).

Pemantauan harga bahan pangan di pasar Galala yang dipimpin Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Tidore Kepulauan Taher Husain bersama Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam, Inspektur Daerah, Kabag Ekonomi dan sejumlah Tim Teknis TPID di Kota Tidore Kepulauan ini merupakan kegiatan perdana TPID pada tahun 2024.

Asisten Sekda Taher Husain yang juga selaku Sekretaris TPID dikesempatan tersebut mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memantau harga bahan pangan yang menjadi penyumbang inflasi agar tetap stabil.

“Beberapa harga bahan pangan yang kita pantau adalah Sembako bawang, rica, Tomat (Barito)” tandasnya.

Lebih lanjut, Taher Husen mengatakan, Pemerintah Daerah terus bekerja keras menjaga stabilitas harga pangan di Kota Tidore Kepulauan agar tetap stabil.

“Alhamdulillah berdasarkan data TPID, pada minggu kedua dibulan Januari 2024, Kota Tidore Kepulauan tetap mengalami Deflasi diangka 3,86 persen dan kita akan terus menjaganya agar tetap stabil. Kita akan terus berupaya agar kota Tidore Kepulauan tetap berada pada zona aman dalam artian tidak lagi berada pada zona merah inflasi tertinggi se Indonesia,”katanya.

Menurutnya, karena saat ini Kota Tidore berada pada posisi terendah dalam penurunan Inflasi, sehingga inflasi menjadi prioritas Walikota dan Wakil Walikota yang saat ini juga telah menginstruksikan kepada petani maupun masyarakat agar memanfaatkan pekarangan rumah maupun kebun dengan gerakan menanam untuk pengendalian Inflasi.

Dikesempatan yang sama Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam yang turut  dalam kegiatan tersebut mengatakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tidore Kepulauan, perlu menjaga harga barang dan bahan pangan agar tetap stabil.

“Menjaga laju inflasi yang rendah dan stabil sebagai prasyarat pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, yang pada akhirnya memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat” tandasnya.

Sementara Inspektur Daerah Kota Tidore Kepulauan, Arif Radjabessy dikesempatan tersebut mengatakan, saat ini  Tim Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) terus bersama TPID melakukan pengendalian inflasi. Beberapa agenda TPID yang terus kami kawal adalah pencanangan gerakan menanam, pelaksanaan operasi pasar murah, pelaksanan sidak ke pasar dan distributor serta kegiatan pemantauan harga pangan yang menjadi penyumbang inflasi.

“Kami melihat TPID Kota Tidore Kepulauan bekerja sangat baik dan mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri. Bukti konkrit kerja keras TPID di Kota Tidore Kepulauan adalah terkendalinya inflasi dengan baik hingga memperoleh insentif fiskal pada tahun 2023 sebesar 20 milyar lebih” Akui Arif.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker