Ini Yang Dibicarakan Sri Mulyani Saat Bertemu Puan Maharani

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengadakan pertemuan dengan Ketua DPR Puan Maharani di Gedung DPR, Jakarta, kemarin, Kamis (25/1/2024).

Sri Mulyani hadir bersama Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, hingga Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban.

Sementara itu, Puan didampingi Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah, hingga Wakil Ketua Komisi XI Dolfie Othniel Frederic Palit yang sama-sama dari Fraksi PDI Perjuangan.

Momen pertemuan itu Sri Mulyani bagikan melalui akun instagramnya @smindrawati hari ini, Jumat (26/1/2024). Ia menyertakan keterangan bahwa pertemuan itu terkait konsultasi pergantian dewan pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

“Untuk berkonsultasi mengenai pergantian anggota Dewas LPI dari unsur profesional,” tulis Sri Mulyani akun instagramnya itu.

Sri Mulyani menjelaskan, konsultasi ini merupakan mandat yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker dan PP 74/2020 mengenai Lembaga Investasi Pemerintah itu.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun telah menyampaikan dua nama usulan calon Anggota Dewan Pengawas yang baru kepada DPR melalui surat R-56/Pres/10/2023 ter tanggal 25 Oktober 2023. Di dalamnya juga ada mandat supaya nama itu dikonsultasikan ke DPR.

Kemudian Jokowi, kata Sri Mulyani juga telah menugaskan dirinya untuk melakukan konsultasi dengan DPR melalui surat Mensesneg nomor B-988/M/D-3/AN.01.00/10/2023 tanggal 23 Okt 2023.

“Proses ini sangat penting mengingat terdapat satu posisi Dewas yang harus diisi kembali per Januari ini,” tulis Sri Mulyani.

Ia menekankan LPI merupakan salah satu alat pemerintah dalam menjalankan pembangunan dengan tata kelola yang baik dan mengutamakan keberlanjutan. Oleh karena itu, LPI yang terdiri dari Dewas dan Dewan Direktur harus diisi orang yang benar-benar kompeten di bidangnya.

“Semoga seluruh proses pemilihan Dewas LPI dapat meningkatkan kinerja LPI dalam menjalankan misi besarnya sebagai Sovereign Wealth Fund (SWF) yang dimiliki oleh bangsa kita..!” tulis Sri Mulyani.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker