Elon Musk: Akan Ada 1 Miliar Robot Mirip Manusia 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Elon Musk menyatakan setuju dengan prediksi ilmuwan teknologi dunia bahwa akan ada sekitar 1 miliar robot humanoid di Bumi dalam dua dekade mendatang.

Musk melalui X, sebelumnya Twitter, menyetujui prediksi yang dibuat oleh David Holz, pendiri laboratorium penelitian kecerdasan buatan (AI) Midjourney.

Holz mengatakan dalam sebuah postingan bahwa ia memperkirakan akan ada 1 miliar robot humanoid di Bumi pada tahun 2040 dan 100 miliar robot (kebanyakan alien) di seluruh tata surya pada tahun 2060.

Musk menjawab cuitan tersebut sambil mengatakan, “mungkin seperti itu, asalkan fondasi peradaban stabil.”

Tesla, salah satu perusahaan yang didirikan Musk, telah mengembangkan prototipe robot humanoid yang mungkin dianggap oleh miliarder tersebut sebagai kontribusi dalam mencapai prediksi tinggi tersebut mulai dari sekarang.

Tesla Optimus, juga dikenal sebagai Tesla Bot, pertama kali diumumkan pada Hari AI perusahaan pada Agustus 2021 ketika Musk mengatakan perusahaan berencana untuk membuat prototipe pada tahun berikutnya. Dia menyebut tentang robot pada saat itu.

“Saya pikir robot memiliki potensi untuk menjadi lebih signifikan dibandingkan bisnis kendaraan seiring berjalannya waktu,” katanya saat itu.

Pada sebuah acara di Oktober 2022, Musk mengatakan dia berharap pada akhirnya dapat membuat jutaan robot Optimus, yang diperkirakan akan dihargai US$20.000 per unit, meskipun kemampuan robot tersebut terbatas.

“Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan Optimus,” ungkapnya waktu itu.

“Saya pikir Optimus akan menjadi luar biasa dalam lima atau 10 tahun ke depan,”

Pada tahun 2022, Musk mengatakan dia berharap untuk membawa robot tersebut ke pasar dalam 3 hingga 5 tahun. Setelah siap robot tersebut akan menjadi mesin yang sangat mumpuni.

Dia mengatakan kepada Reuters bahwa meskipun pembuatan robot humanoid tidak secara langsung sejalan dengan percepatan energi berkelanjutan sebagai tujuan utama Tesla.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker