Megawati Singgung Jasa Bung Karno di HUT PDI Perjuangan

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menyinggung soal jasa Bung Karno atau Ir. Soekarno yang membacakan teks Proklamasi pada 17 Agustus 1945, dalam pidato politik perayaan HUT ke 51 PDI Perjuangan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). Megawati mengatakan, apabila tak ada Soekarno yang membacakan teks Proklamasi, bisa saja Indonesia belum merdeka.

“Kebayang gak sih. Gak ada yang mau nanya, kita merdeka yang ngomong itu sopo toh, hanya 17 Agustus, dibunyikan proklamator, lah bo ingat dong, kalau gak ada beliau, belum tentu kita masih barangkali terjajah. Ini fakta lho, orang saya tanya ke ibu, waktu itu benarnya orang pada takut gak sih, waktu mau mengucapkan proklamator, ‘la iya lah, mau mengerek bendera merah putih, orang namanya lagi di jajah’. Jepang untung waktu itu sudah kalah,” kata Megawati.

Menurutnya, Soekarno merupakan sosok yang jenius dan visioner. Dalam kesempatan itu, Megawati meminta semua kadernya untuk rajin membaca buku.

Untuk itu, Megawati mendorong semua pejabat dan rakyat untuk mengikuti falsafah hidup Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Dia mengatakan, ayahnya merupakan orang yang tulus dalam mendedikasikan hidup untuk bangsa.

“Semua dengan niat tulus kerelaan hati dan tekad mewujudkan kebenaran dalam politik, sikap ini senapas dan sebangun dengan Bung Karno yang menempatkan dedication of life pada Tuhan, bangsa dan negara di atas segalanya,” ujar Megawati.

“Beliau berjuang dengan penuh rasa cinta pada rakyat Indonesia melebih apapun, sebab kehidupan rakyat adalah kehidupan Bung Karno itu sendiri,” lanjutnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker