Xavi: Kami Masih Punya Peluang Untuk Merebut Gelar Juara Liga

Abadikini.com, JAKARTA – Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez mengatakan timnya masih mempunyai peluang untuk meramaikan persaingan juara Liga Spanyol meski kini terpaut tujuh poin dari Real Madrid di puncak klasemen dengan mengoleksi 48 poin hingga pekan ke-19.

Hal ini dikatakan Xavi setelah timnya bangkit dari ketertinggalan dan memenangkan laga dramatis dengan skor 2-1 melawan Las Palmas di Gran Canaria.

Pada laga itu, Barca sempat tertinggal terlebih dahulu lewat mantan pemainnya Munir pada menit ke-12. Juara bertahan itu lalu bangkit untuk membawa tiga poin setelah mencetak gol pada babak kedua lewat gol Ferran Torres (55’) dan Ilkay Gundogan (90+3).

“Kami masih mempunyai peluang untuk bersaing memperebutkan gelar Liga. Kami adalah juara bertahan. Kami masih hidup dan siap memperjuangkannya,” kata Xavi melalui laman resmi klub, Jumat (5/1/2024).

“Kami merasa setiap pertandingan sulit untuk dimenangkan dan hal itu cenderung ditentukan oleh detail terkecil,” tambahnya.

Pelatih sekaligus legenda klub itu lalu mengutarakan kebahagiaannya karena timnya mampu membalikkan keadaan dan memetik dua kemenangan beruntun di liga setelah kemenangan 3-2 melawan Almeria, 21 Desember tahun lalu.

Ia sangat senang perubahan yang dilakukannya pada babak kedua menuai hasil yang manis. Sofascore mencatat, pada babak pertama El Barca kesulitan mengembangkan permainan karena tidak mencatatkan satu pun tendangan tepat sasaran dari total empat tendangan yang dilesatkan, sedangkan Las Palmas sebagai tim tuan rumah mencatat tiga tendangan tepat sasaran dari total tujuh tendangan.

Pada babak kedua, Xavi melakukan perubahan dengan memasukkan empat pemain yaitu Joao Felix, Lamine Yamal, Fermin Lopez, dan pemain anyar Vitor Roque.

Perubahan ini berbuah sesuai rencana di mana Blaugrana tampil lebih dominan dengan melesatkan lima tendangan tepat sasaran dengan dua di antaranya berakhir gol dari total 11 tendangan, sedangkan Las Palmas tanpa mencatatkan satu tendangan tepat sasaran dari total lima tendangan.

“Saya sangat senang dengan intensitas malam ini, dengan kecepatan dan sikap. Kami kesulitan untuk melaju di babak pertama dan tidak cukup tajam, terutama dengan umpan terakhir, namun kami jauh lebih baik di babak kedua. Kami menekan dengan sangat baik, memenangkan bola kembali, dan menyerang ruang dengan cara yang benar,” kata Xavi.

“Perubahan yang saya lakukan di babak kedua memberikan efek yang tepat. Kami jauh lebih tajam di sepertiga akhir. Kemudian gol Ferran memberi kami dorongan yang kami butuhkan dan Anda bisa melihat bahwa tim siap untuk maju dan memenangkan pertandingan,” tambahnya.

Atas hasil ini, Barca menempati posisi ketiga dengan 41 poin. Terdekat, Robert Lewandowski dan kawan-kawan akan melakoni laga Copa del Rey dan Supercopa de Espana sebelum melanjutkan laga Liga Spanyol melawan Real Betis pada 22 Januari pukul 00.30 WIB di Benito Villamarin.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker