Prabowo Sebut Rizal Ramli Sosok Intelektual yang Idealis

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melayat ke rumah duka eks Menteri Keuangan Rizal Ramli,  di Bangka, Jakarta, Rabu (3/1/2024). Ia datang mengenakan baju safari coklat dan kopiah hitam.

Prabowo tiba sekitar pukul 18.58 WIB, setelah selesai jam dinas kerjanya di Kementerian Pertahanan. Saat di lokasi, Prabowo langsung masuk ke dalam rumah dan disambut oleh anak kedua Rizal Ramli, yakni Dippo Satria Ramli.

Ia lalu bersalaman dengan Dippo sembari mengucapkan bela sungkawa. Prabowo juga nampak berbincang dengan sejumlah anggota keluarga Rizal Ramli lainnya. Kemudian, Prabowo pun dipersilakan untuk berdoa di samping jenazah Rizal Ramli.

Setelah selesai melayat, Prabowo menyempatkan diri berbicara dengan para awak media dan menyampaikan rasa kehilangannya atas meninggalnya Rizal Ramli.

“Saya kaget beliau telah dipanggil,” ujar Prabowo.

Ia pun mengungkapkan pertemuan terakhirnya dengan Rizal Ramli terjadi saat momen perayaan ulang tahun Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ke-76 tahun, pada September 2023.

“Terakhir ketemu pada saat ulang tahunnya Pak Luhut Pandjaitan beberapa bulan yang lalu, kalau nggak salah akhir September,” kata Prabowo.

Prabowo juga mengungkapkan sosok almarhum Rizal Ramli merupakan sahabatnya. Ia mengenang eks Menteri Keuangan itu sebagai seseorang yang intelektual dan demokratis.

“Rizal Ramli memang sahabat saya, beliau seorang intelektual, demokrat, aktivis yang idealis,” ungkap Prabowo.

Prabowo juga mengakui banyak pemikiran hebat yang dilahirkan dari idealisme Rizal Ramli.

“Banyak pemilkiran beliau yang baik,” ujarnya.

Prabowo mengatakan, dirinya dan Rizal Ramli saling menghormati pilihan idealisme atau jalan mereka masing-masing.

“Kita tetap bersahabat. Kita menghargai, saling menghormati,” tambahnya.

Ia menekankan tetap pentingnya kerukunan dan persatuan di tengah perbedaan idealisme.

“Saya kira itu mungkin dari segi idealisme beliau, jadi saya memilih jalan rekonsiliasi. Saya memilih jalan kerukunan, mencari titik-titik pertemuan daripada titik-titik perpisahan. Itu jalan saya,” tegas Prabowo.

Diketahui, Rizal Ramli wafat pada Selasa (2/1) malam. Mewakili keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang, mengatakan bahwa jenazah akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta, Kamis (4/1).

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker