Wakil Ketua DPRD Solok Bantu Warga Dapatkan BPJS Ketenagakerjaan Gratis

Abadikini.com, SOLOK – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir S. Farm, Apt membantu hampir seribu warga Kabupaten Solok, Sumatera Barat untuk mendapatkan layanan manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang dulu dikenal dengan BPJS Jamsostek, warga juga dibayarkan iuran secara gratis.

“Sebagian besar warga di Kecamatan Bukit Sundi, Payung Sekaki dan Tigo Lurah ini sudah mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan gratis, hal ini merupakan wujud kepedulian kepada warga sekitar yang hampir semua berprofesi sebagai buruh tani yang memiliki resiko kerja cukup tinggi,” kata pria berkacamata yg akrab di sapa Mak Poni.

Mak Poni juga mengajak masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan pertimbangan apapun profesi memiliki resiko sendiri-sendiri

“Adapun program saya yang bantu yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), kedua jaminan tersebut memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan para pekerja peladang dan petani demi meningkatkan kesejahteraan,” Tegas Mak Poni yang juga berlatar belakang kesehatan yaitu Profesi Apoteker lulusan Universitas Andalas menjelaskan kepada media ini.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Solok dokter Maulana Anshari Siregar menjelaskan kepada masyarakat terkait program BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS ketenagakerjaan juga berperan untuk meningkat kesejahteraan masyarakat, peserta nantinya tidak menerima bentuk uang tapi fasilitas perawatan dan pengobatan sampai sembuh sesuai kebutuhan medis di kelas I RS Pemerintah atau RS Swasta yang setara tanpa batasan biaya atau jumlah hari rawat inap saat kita mengalami resiko kecelakaan/penyakit akibat kerja,” kata dia.

Lebih lanjut, kata dia, BPJS ketenagakerjaan dapat dimiliki oleh siapa saja yang memiliki pekerjaan untuk menafkahi hidup, saat mengalami resiko pekerjaan maka akan dicover oleh BP Jamsostek,” katanya.

BPJS Ketenagakerjaan Pusat dan Cabang Solok mengapresiasi tindakan Wakil Ketua DPRD Kab Solok yang juga tokoh Masyarakat Bapak Ivoni Munir, S.Farm, Apt karena tidak hanya memperhatikan Kabupaten Solok di bidang infrastruktur, pertanian, namun juga kesehatan hingga ketenagakerjaan. Khusus untuk ketenagakerjaan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan adalah bukti nyata bagi Masyarakat.

Ia menjelaskan bahwa proses pendaftaran menjadi peserta BP Jamsostek sangat mudah, bisa mendaftar melalui online, bisa datang ke kantor pos setempat, atau langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok.

“Salah satu manfaat dari keikutsertaan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, yaitu terkait bantuan santunan kematian dan beasiswa bagi anak sekolah TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi S1,” ujarnya.

Warga Kinari Yenti Eriani menyampaikan “Kami hampir tiap hari ke Sungai Nanam bekerja sebagai peladang bersama puluhan warga, dengan adanya BPJS ini, kami merasa terlindungi dari berangkat kerja, di tempat kerja dan pulang kerja kembali kerumah, terima kasih untuk BPJS Tenaga kerja dan Mak Poni yang peduli dengan kami para peladang dan petani”

Sementara itu salah satu Warga Penerima Manfaat BPJS Ketenagakerjaan yaitu Sulastri yang berasal dari Nagari Parambahan menyampaikan “Kami setiap hari kerja ladang ke lembah gumanti, dan sering terjadi kecelakaan di jalan, dengan adanya kartu BPJS Tenaga Kerja ini, kami merasa senang dan berterimakasih utk Mak Poni yg membayarkan gratis tiap bulan”.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Alfian warga Kubang Kec. Payung Sekaki, “Terimakasih untuk BPJS Tenaga Kerja dan Bapak Ivoni Munir untuk kami sekeluarga dan dunsanak kami di kubang yang hampir ratusan ikut program ini”, kata dia.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker