Korea Utara Bakal Luncurkan Tiga Satelit Pengintai Pada 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dalam rapat Partai Buruh, Sabtu (31/12/2023) waktu setempat mengatakan bahwa Pyongyang berencana meluncurkan tiga satelit pengintai baru pada 2024 menyusul peluncuran satelit pertama mereka pada November, menurut media pemerintah.

Menurut Kim, Pyongyang akan meningkatkan persenjataan nuklir miliknya tahun depan seiring perluasan kerja sama keamanan antara Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang yang semakin membahayakan Semenanjung Korea, kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Minggu (31/12/2023).

Kim mengatakan hubungan antar-Korea telah menjadi hubungan antara dua “negara yang bermusuhan” dan “dua pihak yang bertikai” dan Seoul memandang Pyongyang sebagai “musuh utama” mereka.

Kim juga memberi sinyal bahwa organisasi partai yang berurusan dengan Korea Selatan akan ditata kembali.

Dia menggarisbawahi Korut belum sepenuhnya mencapai rencana pertahanan nasional lima tahun terhitung sejak 2021 dan menyerukan peningkatan kekuatan bawah air.

Pertemuan partai akhir tahun yang digelar pada Selasa bertujuan untuk meninjau kebijakan Korea Utara sepanjang 2023 sekaligus untuk membahas rancangan anggaran tahun depan.

Dalam pertemuan itu disepakati secara bulat enam agenda, termasuk perubahan anggaran dan personel, kata KCNA.

Sumber: Kyodo-OANA

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker