Jokowi Sebut Pengganti Firli Bahuri Lagi Ditimang

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Jokowi belum menunjuk pengganti Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri yang mengundurkan diri. Jokowi mengatakan, pengganti Firli masih ditimang.

Jokowi mengatakan, secara resmi telah meneken surat pemberhentian Firli. Namun, Jokowi tidak mengungkapkan kapan pihaknya akan mengirim nama calon pimpinan baru KPK ke DPR.

Saat ditanya mengenai hal tersebut, Jokowi hanya berujar akan mengikuti ketentuan yang ada.

“Masih dalam proses semuanya. Masih dalam proses semuanya. Ya aturannya kami ikuti semuanya,” kata Jokowi usai memberikan pengarahan di Rapat Konsolidasi Nasional 2023 dalam Rangka Kesiapan Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Saat ditanya apakah Firli diberhentikan dengan hormat atau tidak hormat, Jokowi meminta wartawan menanyakannya ke Menteri Sekretariat Negara Pratikno. “Saya tidak sedetail itu. Coba nanti dicek ke Pak Mensetneg ya,” ucapnya.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana sebelumnya mengatakan pemberhentian Firli dilakukan melalui surat Keputusan Presiden (Kepres) No.129/P Tahun 2023 yang diteken pada tanggal 28 Desember 2023. “Keppres mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” kata Ary dalam keterangannya, Jumat (29/12).

Dia menyampaikan, keputusan ini didasarkan dengan tiga pertimbangan mulai dari Firli telah melayangkan surat pengunduran diri yang telah diperbaiki sebelumnya.

Jika merujuk Pasal 33 Undang-Undang KPK, Presiden dapat mengajukan calon pengganti ke DPR jika terjadi kekosongan pimpinan KPK. Hal ini pernah dilakukan Jokowi untuk mengisi posisi Lili Pintauli Siregar yang mengundurkan diri setelah terjerat kasus dugaan gratifikasi.

Calon yang dapat diajukan Presiden itu berasal dari calon Pimpinan KPK yang tidak terpilih di DPR. Berdasarkan aturan itu, tersisa empat nama calon Pimpinan KPK yang tak terpilih pada tahun 2019.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker