Houthi Yaman Kembali Peringatkan AS

Abadikini.com, JAKARTA – Houthi Yaman kembali peringatkan AS dan  janji akan terus serang kapal-kapal “yang berkaitan dengan Israel”.

Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea, dalam pernyataan yang disiarkan di saluran TV al-Masirah yang dikelola Houthi, menegaskan komitmen kelompok tersebut untuk melawan segala potensi agresi terhadap Yaman.

Sarea juga menyampaikan peringatan bagi negara-negara yang mempertimbangkan partisipasi dalam koalisi pimpinan AS yang bertujuan untuk melindungi kapal-kapal tersebut.

Dalam beberapa pekan terakhir, kelompok pemberontak itu menyasar kapal-kapal kargo yang berkaitan dengan Israel di Laut Merah bagian selatan dan Selat Bab al-Mandab, menyebut solidaritas dengan warga Palestina di tengah konflik yang sedang berlangsung di Gaza sebagai alasan mereka.

Kelompok Houthi mengatakan akan menghentikan serangan terhadap kapal-kapal itu jika bantuan makanan dan obat-obatan diizinkan masuk ke Jalur Gaza.

Pekan lalu, AS mengumumkan koalisi maritim multinasional untuk mengamankan kapal-kapal yang melewati Laut Merah setelah serangkaian serangan Houthi.

Pemberontak menguasai sebagian besar wilayah utara Yaman, termasuk kota pelabuhan strategis di Laut Merah, Hodeidah, sejak mereka menggulingkan pemerintah Yaman dari Sanaa, ibu kota negara itu.

sumber: Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker