Walikota Tidore Ali Ibrahim Buka Rakornas Forum Stunting 2023

Abadikini.com, TIDORE – Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan produktif, untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, juga sebagai upaya Percepatan Penurunan Stunting di daerah, digelar Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Forum Stunting 2023 sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Nusantara yang berlangsung di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Selasa (12/12/2023).

Rakornas ini dibuka secara resmi oleh Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dan dihadiri oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Maluku Utara, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten/Kota se Provinsi Maluku Utara, Forkopimda Provinsi Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan, Kepala BKKBN Propinsi Maluku Utara beserta jajaran, serta Para Kepala Balai se Maluku Utara.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Hari Nusantara Nasional dan akselerasi penurunan Stunting adalah 2 hal yang berbeda, namun merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan, karena masalah kesehatan khususnya Stunting di Indonesia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, prevelensi angka Stunting di Indonesia pada tahun 2022 adalah 24 persen dan untuk Maluku Utara adalah 26, 2 persen dan untuk Kota Tidore Kepulauan berada pada 25,1 persen.

“Hari Nusantara yang dilaksanakan setiap tanggal 13 Desember merupakan salah satu momentum yang memberikan semangat dan kesatuan berbangsa dan bertanah air, sementara akselerasi penurunan Stunting adalah isu nasional dalam pencapaian derajat kesehatan nasional yang optimal, untuk itu perlu sinergitas dari kedua hal diatas yang diramu dalam Forum Koordinasi Nasional pada hari ini,” Tutur Ali Ibrahim.

Mengakhiri sambutannya, Ali Ibrahim berharap, Rakornas ini akan menjadi ajang yang sangat produktif dan bermanfaat bagi semua peserta, juga menjadi awal dari sinergi yang kuat antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam menurunkan angka stunting di Indonesia. Dirinya juga berterima kasih kepada para sponsorship yakni Flimty, Gizi Nusantara, Departemen Patologi Klinik Unhas  serta stakeholder terkait bersama jajaran pemerintah daerah yang telah bekerja keras dalam akselerasi penurunan stunting di Kota Tidore Kepulauan.

 Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Jubair Manggis dalam laporannya menyampaikan, tujuan umum dilakukannya kegiatan Rakornas ini adalah untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi para pemangku kepentingan di tingkat pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten/kota serta para mitra dalam percepatan pencapaian Sasaran Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan.

“Rakornas ini mengusung tema, Momentum Hari Nusantara Nasional Mempererat Sinergitas Percepatan Penurunan Stunting, dengan tujuan khusus, untuk meningkatkan komitmen provinsi dan kabupaten/kota serta para mitra dalam mendukung program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting,  Optimalisasi peran serta organisasi perangkat daerah dan mitra terkait dalam percepatan penurunan stunting melalui berbagai program yang ditetapkan dan Mengevaluasi langkah pemerintah daerah dalam menangani masalah stunting,” Ucap Jubair.

Jubair menambahkan, dari Rakornas ini diharapkan dapat Menguatkan komitmen para pemangku kepentingan baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta mitra kerja dalam pencapaian sasaran kinerja program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting, dan  tersusunnya rencana kerja strategi pelaksanaan program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting dalam mendukung agenda pembangunan nasional dalam RPJMN tahun 2020-2024, serta semakin meningkatnya peran serta organisasi perangkat daerah dan mitra terkait percepatan penurunan stunting secara komprehensif.

“Kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 130 orang yang terdiri dari, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Maluku Utara, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten/Kota se Provinsi Maluku Utara, Forkopimda Provinsi Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan, Kepala BKKBN Propinsi Maluku Utara beserta jajaran, serta Para Kepala Balai se Maluku Utara,” Imbuh Jubair.

Adapun narasumber dalam Rapat Koordinasi Nasional ini, Asisten Administrasi Umum Provinsi Maluku Utara, Asrul Gailea dengan Materi; Sinergitas percepatan penurunan stunting Provinsi Maluku Utara, Tim Peneliti PDS PatKLIn Dr. dr. Nursin Abd. Kadir dengan Materi; Profil Anemia dan Penanda Inflamesi pada Baduta dengan Stunting, CEO Flimty Dennis Hadi dengan Materi; Manfaat Produk Flimty untuk Membantu Program Stunting, Esti Nurwanti dengan Materi; Efek Pemberian Makanan Tambahan Tinggi Protein, Pangan Lokal, Edukasi dan Konseling Gizi Terhadap Status Gizi, Perilaku dan Pola Makan Wanita Usia Subur di Kota Tidore Kepulauan.

Di sela-sela ceremony Pembukaan Rakornas ini, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim juga memberikan Cendara Mata dan Piagam penghargaan kapada sponsorship dari Flimty, Gizi Nusantara dan Departemen Patologi Klinik Unhas.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker