Ali Ibrahim Ungkap Sejarah Kota Tidore Terpilih jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2023

Abadikini.com, JAKARTA – Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim bersama Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirollah promosikan Hari Nusantara Tahun 2023 yang dipusatkan Kawasan Wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan Tanggal 10-13 Desember 2023 dalam Live Streaming Program  Talk Show Inspirasi Pagi di TVOne, Kamis (30/11/2023).

Mengawali pembicaraannya, Ali Ibrahim menyampaikan terima kasih kepada Menkomarvers, Kemenhub RI serta Kementerian Lembaga terkait yang telah memilih Kota Tidore Kepulauan sebagai tuan rumah, dimana pada saat itu ada dua daerah yang menyampaikan permohonan untuk menjadi tuan rumah, akan tetapi akhirnya Kota Tidore Kepulauan yang dianggap layak dan memenuhi persyaratan untuk menjadi tuan rumah Hari Nusantara Tahun 2023.

“Kami Pemerintah Kota Tidore Kepulauan mempunyai kalender event tahunan, yang setiap tahunnya terdapat 15 event dilaksanakan, baik secara nasional maupun lokal, dalam rangka untuk meningkatkan ekonomi melalui Pariwisata atau Wisatawan yang berkunjung ke Tidore,” Ungkap Ali Ibrahim.

Terkait tema Hari Nusantara Tahun 2023, Ali Ibrahim mengatakan tema yang dipilih sangat tepat sekali, karena Tidore merupakan jalur rempah yang pertama kali melakukan ekspor perdana cengkeh ke eropa pada tahun 1521 sebanyak 27,3 ton berdasarkan catatan Antonio Pegafeta.

“Jadi pada tanggal 11 Desember 1521 juga bertepatan dengan Hari Nusantara yang dilatarbelakangi oleh Deklarasi Djuanda. Olehnya itu dengan mengangkat tema, Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah, ini sangat erat keterkaitannya,” Imbuh Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim juga menambahkan, dari tanggal 10 hingga 13 Desember 2023 ada berbagai rangkaian acara untuk memeriahkan Hari Nusantara, beberapa diantaranya seperti; Nusantara Expo, Bakti Kesehatan dari TNI AL, Atraksi dari TNI AU, Makan Sate Ikan Terbanyak pemecah Rekor MURI hingga Konser grup band Slank.

“Selain itu, ada banyak destinasi wisata bawah laut, tidak hanya biota laut saja, akan tetapi di perairan Kota Tidore Kepulauan yang tak kalah menarik, salah satunya yaitu ada benda-benda peninggalan kapal dagang yang tenggelam di perairan Tidore dari zaman VOC,” Imbuh Ali Ibrahim.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirollah dalam kesempatan tersebut menyampaikan, setelah Kementerian Perhubungan ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pelaksana tingkat pusat, Kemenhub bersama Kementerian Lembaga terkait, termasuk juga Pemerintah Daerah di Maluku Utara dan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan bersama-sama mempersiapkan acara Hari Nusantara ini dengan sebaik-baiknya.

“Kami melakukan survey bersama, rapat koordinasi bersama, dan mempersiapkan seluruh rangkaian acara Hari Nusantara yang direncanakan dilaksanakan pada Tanggal 10 – 13 Desember 2023, tidak hanya rangkaian acara, kami juga mempersiapkan sarana dan prasarana infrastruktur sehingga nanti Tidore menjadi lebih bagus, pada saat masyarakat hadir sudah bisa  dilayani dengan sarana dan prasarana yang memadai,” Ucap Amir.

Amirullah menambahkan Kementerian Perhubungan, Sektor Transportasi telah mempersiapkan dengan baik infrastruktur yang ada, karena berbiacara Tidore pasti tidak terlepas dari Kota Ternate juga, jadi dari Sektor transportasi darat juga sedang mempersiapkan Pelabuhan bastiong dan Pelabuhan Rum, dipercantik, sehingga bisa melayani dari Ternate ke Tidore.

“Kami juga sudah memasang lampu penerangan jalan yang sudah cukup terang benderang sekarang, kami juga menyiapkan 30 mini bus untuk mengantarkan masyarakat dari Ternate ke Pelabuhan, lalu menyebrang sampai ke Lokasi dengan gratis dan tidak dipungut biaya, selain itu di Hari Nusantara juga ada akomodasi Hotel Terapung dengan kapasitas 1000 orang Gratis, tidak dipungut biaya,” Tambah Amir.

Selain itu, Amirullah juga mengatakan, dari sektor perhubungan laut, pihaknya telah melakukan perpanjangan dermaga untuk tempat berlabuhnya beberapa Kapal seperti KM. Tatamailau, juga Kapal dari TNI AL yang akan melakukan pengobatan Gratis, sementara untuk sektor perhubungan udara,  saat ini sedang dalam tahapan mempercantik Bandara Baabulah Ternate.

Diakhir Talk Show tersebut, Amirollah juga menjelaskan, Perayaan Hari Nusantara Tahun 2023 ini juga merupakan bagian dari Program Nawacita dari Presiden Jokowi, kalau melihat program nawacita ke 3 dimana Pemerintah akan membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat Daerah dan Desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ini adalah upaya kita, bagaimana kita melihat lautan itu bukan sebagai pemisah, tetapi lautan sebagai penghubung dan pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena itulah perayaan Hari Nusantara ini menjadi moment bagi kita semua, bahwa kita adalah negara kepulauan yang 62 persennya adalah wilayah perairan, harapan kami moment ini dapat dirajut dengan baik, dilokuskan di Tidore dengan sejarah yang ada, dan Tidore akan ditetapkan sebagai Jalur Rempah di Indonesia,” Tutup Amir.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker