Syofyan Saraha Buka Musda ke V KNPI Kota Tidore

Abadikini.com, TIDORE – Pelaksanaan Musyawarah Daerah ke V Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 resmi dibuka oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan dalam hal ini diwakili oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra DR. Syofyan Saraha, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore, Rabu (29/11/2023).

Mengawali sambutannya, Syofyan Saraha mengatakan, KNPI terlahir dari rasa kepekaan dan kepeloporan generasi muda, yang menggalang persatuan dan kesatuan, mengkonsolidasi segala potensi keanekaragaman, membentuk sinkronisasi dan sinergi partisipasi dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional.

“Ketika kita melihat kembali, perjalanan panjang bangsa Indonesia, maka kita akan melihat gerakkan dari sebuah kepedulian yang besar dari para pemuda Indonesia. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang sangat baik ini, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan mengapresiasi panitia pelaksana bersama jajaran atas terselenggaranya Musyawarah Daerah ke V DPD KNPI Kota Tidore Kepulauan,” Tutur Syofyan.

Syofyan menambahkan, hal ini menunjukkan bahwa KNPI Kota Tidore Kepulauan masih tetap aktif dan berperan dalam mengembangkan KNPI, untuk terus bergerak dan menunjukkan ekesistensinya sebagai wadah berhimpun organisasi kepemudaan yang telah mampu menyatukan komponen kepemudaan di Kota Tidore Kepulauan.

“Pada MUSDA ke V ini, peran KNPI tentunya sangatlah penting bagi kemajuan Kota Tidore Kepulauan. Para anggota KNPI, harus bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah, harus ada keinginan kuat untuk belajar dan mengembangkan diri demi Kota Tidore Kepulauan lebih baik lagi, serta mampu berperan dalam setiap proses dan pelaksanaan program pembangunan daerah di Kota Tidore Kepulauan,” Imbuh Syofyan.

Mengakhiri sambutannya, Syofyan berharap KNPI mampu mendorong semangat kemandirian kaum muda dan juga memberikan sebuah perubahan terhadap kegiatan kepemudaan serta mampu menjadi motor penggerak bagi Organisasi Kepemudaan yang lain, untuk ikut berperan aktif sehingga akan terwujud sebuah kekuatan besar dari pemuda, untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat di Kota Tidore Kepulauan.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPD KNPI Provinsi Maluku Utara, Sukri Ali dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tidore yang telah membantu teman-teman Panitia dan Karateker sehingga bisa terlaksana Musda ke V KNPI Kota Tidore, Sukri mengatakan, DPD Provinsi memang agak sulit mengkonsolidasi kelembagan KNPI di Kota Tidore Kepulauan, karena fakumnya cukup lama, sehingga karatekernya sudah diutus tetapi tidak terlaksana Musdanya.

“Alhamdulillah dengan kegigihan karateker sekarang dan teman-teman panitia, mengkomunikasikan, dan Pemerintah Kota begitu responsive, sehingga secara pribadi saya memberikan rasa hormat dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, di kesempatan ini juga saya ingin sampaikan bahwa KNPI tidak boleh jauh-jauh dengan Pemerintah Daerah, karena instrument KNPI memang dibentuk oleh Pemerintah, jika tidak bermitra dengan Pemerintah Daerah, otomatis KNPI ibarat Anak yang kehilangan induk, olehnya itu Musda ini adalah momentum untuk selalu berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah,” Ucap Sukri.

Senada, Karateker Ketua KNPI Kota Tidore Kepulauan, Yunita Kadir dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga, karena dipercayakan untuk menahkodai sementara Pemuda-Pemudi yang ada di Kota Tidore Kepulauan, dirinya juga mengapresiasi Panitia Musda ke V KNPI Kota Tidore Kepulauan, yang kurang lebih sebulan telah menyiapkan Musda KNPI ini.

“Meskipun saya sendiri bukan berasal dari Tidore, saya dari Ternate, akan tetapi saya merasa bangga dan sangat mengapresiasi, karena teman-teman Pemuda yang ada di Kota Tidore Kepulauan ini, cukup welcome dengan kehadiran saya, sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” Ungkap Yunita

Yunita berharap, semoga pasca Musda nanti dapat melahirkan Ketua KNPI Tidore yang benar-benar peduli terhadap organisasi serta pengembangan kualitas sumber daya anggota, tentunya mampu bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan menyukseskan setiap program yang ada di Organisasi.

“Meski demikian KNPI juga menjadi mitra kritis dan mitra strategis Pemerintah Daerah, dalam mengawal setiap pembangunan yang ada di Kota Tidore, saya berharap setelah Musda ini Kepemimpinan KNPI 3 Tahun kedepan bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya,” Ucap Yunita.

Sementara Ketua Panitia, Iswan Salim dalam laporannya menyampaikan, Musyawarah Daerah KNPI Kota Tidore Kepulauan yang diselenggarakan pada hari ini adalah amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KNPI, dimana kepengurusan sebelumnya telah berakhir masa jabatannya.

“Pelaksanaan Musyawarah hari ini adalah Musyawarah yang ke V di Kota Tidore Kepulauan, sehingga untuk menjamin dan memastikan keberlangsungan organisasi yang diberikan, maka kami diberikan mandat untuk menyiapkan seluruh kebutuhan dan tahapan pelaksanaan Musda pada hari ini,” Kata Iswan.

Lebih lanjut, Iswan menambahkan, Pelaksanaan Musda ini juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, dibawah kepemimpinan Walikota Capt H. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Muhammad Sinen, pelaksaan Musda ini bukan hanya sekedar momentum untuk memilih Ketua, namun eksistensi dari Musda ini adalah untuk menentukan ide dan gagasan para kaum muda, membangkitkan kembali semangat anak muda di Kota Tidore, serta mempertegas jati diri anak muda sebagai pelopor pembangunan, khususnya di Kota Tidore Kepulauan dalam naungan KNPI.

“Sebelum pelaksanaan Musda ini, berbagai tahapan telah kami laksanakan, yang dimulai dari Rapimpurda pada tanggal 16 November 2023, selanjutnya pada tanggal 17-20 November 2023 kami membuka pendaftaran bakal calon Ketua DPD KNPI, dari kurang lebih 10 anak muda yang dijagokan untuk menahkodai KNPI Kota Tidore Kepulauan dan ramai diperbincangkan di media masa, terdapat 5 anak muda yang serius dan secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Ketua KNPI Kota Tidore Kepulauan, diantaranya; Muhammad Hafid Ismail, Ibnu Sandi Adam, M. Hafid Ismail, Fardi Hamid, dan Suratmin Idrus,” Jelas Iswan.

Adapun hasil Musyawarah Daerah ke V Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 yaitu terpilihnya Presiden Club PS. Bintang Selatan Ibnu Sandi Adam sebagai Ketua KNPI Kota Tidore Kepulauan dengan total rekomendasi sebanyak 23 Rekomendasi, yang  berasal dari 15 Rekomendasi Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan 8 Rekomendasi dari Dewan Pengurus Kecamatan (DPK).

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker