Inidia Bentuk Desain Surat Suara di Pilpres 2024

Abadikini.com, JAKARTA – Desain surat suara pemilihan presiden (Pilpres) 2024 telah diselesaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Desain yang dibuat berdasarkan hasil persetujuan bersama tim pasangan calon presiden-wakil presiden.

Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan, desain surat suara yang telah disetujui akan masuk proses percetakan. “Sudah disetujui, berikutnya masuk proses dipercetakan,” ujarnya, Rabu (29/11/2023)

Dalam desain yang disepakati, ketiga pasangan calon terpampang berurutan dalam surat suara. Di mulai dari pasangan nomur urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di sebelah kiri, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di tengah, dan pasangan nomur urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebelah kanan.

Dalam dokumen desain surat suara yang dibagikan Yulianto Sudrajat selaku Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik KPU RI, terpampang foto 3 pasangan capres-cawapres yang akan berlaga.

Dibubuhkan pula nomor urut di bagian atas serta logo partai politik (parpol) di bagian bawah foto masing-masing pasangan capres-cawapres. Foto pasangan capres-cawapres dalam desain surat suara itu diberikan pembatas berupa garis kotak warna hitam.

Desain Surat Suara di Pilpres 2024. Foto: Istimewa

Jika dilihat dari kotak paling pojok sebelah kiri, tampak foto pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies-Muhaimin dengan mengenakan setelan jas hitam dengan kemeja berkerah putih. Keduanya tampak tersenyum dengan melambaikan tangan salam hormat. yang diusung Partai Nasdem, PKB, dan PKS, yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Sementara kotak di bagian tengah, tampak foto pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran menampilkan setelan kemeja biru laut khas Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan diusung Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PSI, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Garuda, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Kemudian di kotak bagian paling kanan, terlihat foto pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud mengenakan kemeja putih dan hitam. Mahfud berkemeja putih dengan peci, sementara Ganjar berkemeja putih dan memperlihatkan rambut putih dan diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker