Wamenaker Afriansyah Noor Apresiasi Komitmen Austria Perkuat Pembangunan SDM di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor menyambut positif langkah pemerintah Austria yang berminat melakukan pengembangan kerja sama dengan pemerintah Indonesia di bidang perluasan kesempatan kerja, terutama di 98 jenis pekerjaan yang sedang dibutuhkan di Austria.

Keinginan pemerintah Austria tersebut sejalan  dengan nota kesepahaman (MoU) tentang pelatihan vokasi dan pelatihan berbasis kerja yang ditandatangani oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dengan Menteri Federal Austria untuk Ekonomi dan Tenaga Kerja, Martin Kocher di Jakarta, November 2022 lalu.

“Kemnaker memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Austria yang terus berkomitmen untuk memperkuat pembangunan SDM di Indonesia, ”  ujar Afriansyah Noor dalam pertemuan bilateral dengan Dirjen I Strategi Pasar Nasional, Kementerian Perburuhan dan Ekonomi Austria, Georg Konetzky  di Wina, Austria, Senin  (27/112023).

Afriansyah Noor menyatakan dirinya telah memperoleh laporan adanya komunikasi Georg Konetzky dengan Dirjen Binalavotas Kemnaker terkait tindak lanjut atau penerapatan dari nota kesepahaman tersebut. Ia mendorong agar komunikasi intensif terus dilanjutkan dan menentukan langkah-langkah konkrit penerapan kerja sama di jenis pekerjaan yang sedang dibutuhkan di Austria.

“Terutama upaya rekognisi/pengakuan dan harmonisasi atas Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) serta upaya mewujudkan skema apprenticeship bagi WNI,”  ujarnya.

Untuk penempatan Pekerja Migran dari Indonesia atau program magang ke Austria sebagai penerapan nota kesepahaman yang sudah ditandatangani, Kemnaker berharap kedua negara segera berkoordinasi  membentuk Joint Working Group sebagai panduan pelaksanaan penyetaraan kualifikasi serta program penempatan pekerja migran dari Indonesia ke Austria.

Joint Working Group ini diperlukan untuk menentukan lima jenis pekerjaan sebagai pilot project dan agar mekanisme pelaksanaannya dapat sesuai dengan hukum yang berlaku di kedua negara,” ujarnya.

Afriansyah Noor menilai Pekerja Migran dari Indonesia telah memiliki kualitas sesuai persyaratan, kompeten di bidang pekerjaan, rajin, ramah dan loyal terhadap perusahaan. “Penilaian ini juga telah diakui dan diapresiasi oleh pengguna atau pemberi kerja di negara penempatan,” katanya.

Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) ini menyebut Indonesia merupakan salah satu negara penyedia pekerja migran di dunia yang telah menempatkan pekerja migran trampil ke banyak negara. Misalnya di Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, Jerman dan negara lainnya. “Penempatan Pekerja Migran dari Indonesia ini menggunakan empat skema, yakni G to G, P to P, Inter Corporate Transfer dan penempatan secara individu atau mandiri,” ujarnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker