Respons Megawati, TKN Prabowo-Gibran Singgung Pakta Integritas Pj Bupati Sorong

Abadikini.com, JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menanggapi pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menyinggung penguasa saat ini layaknya Orde Baru atau Orba. Wakil Ketua TKN Habiburokhman berujar pihaknya menyambut positif pidato terkait.

“Kami kami sangat menghormati Ibu Megawati dan kami menyambut positif pidato tersebut. Secara umum itu nasihat beliau sebagai tokoh bangsa kepada kita semua,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Selasa (28/11/2023).

Habiburokhman mengaku TKN menangkap inti dari pernyataan yang disampaikan Megawati.

“Yang kami tangkap inti pesan beliau adalah agar siapa pun yang sedang memegang kekuasaan tidak bertindak sewenang-wenang dan tidak memanfaatkan kekuasaan untuk kepentingan politik kelompoknya,” kata Habiburokhman.

Ia lantas menyinggung keberadaan Pakta Integritas Pj Bupati Sorong dan sejumlah dugaan ketidaknetralan lainnya.

“Belakangan ini banyak warga mempertanyakan soal Pakta Integritas Pj Bupati di Sorong, dugaan ketidaknetralan Pj Bupati Cilacap dengan program Kancing Merah, dugaan ketidaknetralan Bupati di Majalengka dan banyak lagi,” ungkapnya.

Habiburokhman mengatakan, kekuasaan politik adalah amanah dari rakyat yang harus diraih dengan cara-cara yang terhormat.

“Jangan karena takut kehilangan kekuasaan atau takut tidak berkuasa lagi kita melakukan hal hal yang melanggar prinsip prinsip demokrasi,” ujarnya.

Sebelumnya Megawati meluapkan kejengkelannya terhadap penguasa yang kekinian bertindak seperti era orde baru.

Hal itu disampaikan Megawati dalam pengarahannya di acara Rakornas Organ Relawan Ganjar-Mahfud se-Pulau Jawa di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Awalnya Megawati mengaku enggan menyinggung persoalan tersebut. Terlebih mengenai perundang-undangan yang bisa digunakan untuk menekan rakyat.

“Mustinya ibu nggak boleh ngomong gitu, tapi sudah jengkel tahu nggak kenapa? Republik penuh dengan pengorbanan tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti zaman orde baru?” kata Megawati.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker