Hari Guru Nasional, Guru Paud Se-Kabupaten Gelar Festival Budaya

Abadikini.com, OELAMASI
Memperingati Hari Guru Nasional pada Sabtu 25/11/2023, Guru Paud se-Kabupaten Kupang menggelar upacara dan festival budaya di Brigif 21 Komodo Naibonat, Kecamatan Kupang Timur.

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional sendiri dipimpin langsung Bupati Kupang Korinus Masneno selaku Inspektur upacara.

Hadir pada upacara tersebut, Komandan Brigade Infanteri 21 Komodo, Letkol Inf.Andi Andriyanto Wibowo bersama ibu Ketua Persit Dina Dwi Nita, Ketua TP PKK yang juga merupakan Bunda Paud Kabupaten Kupang Damaris Masneno-Mooy, Wakil Ketua TP PKK Lely Manafe-Meny, Asisten 3 Novita Foenay, Plt.Kadis P & K Marthen Rahakbauw, Camat Kupang Timur Deny Tadoe dan guru paud se-Kabupaten Kupang dan undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Bupati Masneno meneruskan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim, bahwa bertemakan.

“Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar” hari guru nasional adalah momentum yang sangat penting bagi kita semua untuk mengenang peran dan dedikasi luar biasa para guru dalam membentuk generasi penerus bangsa.

Tema ini mencerminkan semangat perubahan dan kebersamaan dalam memberikan edukasi yang bermakna.

Dengan semangat “Merdeka Belajar”, Menteri Nadiem Makarim mengajak semua pihak bersama-sama memberikan dukungan dan inspirasi agar setiap individu dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal.

Marilah kita bersama-sama menghargai, memberikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para guru yang telah memberikan kontribusi besar dalam mendidik dan membentuk karakter anak-anak kita.

Dengan semangat kebersamaan, mari kita perkuat sinergi antara guru, siswa, orangtua dan seluruh komponen sekolah.

“Selamat hari guru nasional, mari terus bergerak bersama, merayakan merdeka belajar dan membangun masa depan yang lebih baik melalui pendidikan,”pesan Menteri Nadiem.

Usai upacara, dilanjutkan dengan acara Festival Ide Inspiratif dan Kreatifitas untuk Guru Paud se-Kabupaten Kupang oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang di aula Komando Brigif 21 Komodo Naibonat.

Dalam arahannya, Bupati menyampaikan terima kasih kepada panitia atas digelarnya acara ini, baik itu upacara khusus untuk Guru Paud dan Festival saat ini.

“Untuk pertama kalinya digelar acara khusus bagi guru Paud di Kabupaten Kupang. Begitu hebatnya guru paud, mereka adalah pengabdi-pengabdi di lingkungan masyarakat yang membentuk manusia pertama di dunia pendidikan. Apapun visi misi pembangunan Kepala Daerah, sesungguhnya pembangunan itu adalah pembangunan manusia seutuhnya. Terima kasih para guru yang telah menabur ilmu pengetahuan dan pembinaan perilaku,”urai Masneno.

Tak lupa Bupati Masneno menyampaikan limpah terima kasih kepada Danbrigif 21 Komodo Naibonat yang bersedia memberikan tempat diadakannya kegiatan ini.

“Selamat mengikuti festival ide inspiratif. Kembangkan sumber daya yang dimiliki. Apapun kekurangan, terus belajar mencari solusi,”ucap Masneno.

Sementara dilaporkan Ketua Panitia, Yuwike Maboy, acara festival ide kreatif berupa lomba penulisan buku cerita pendek bergambar bagi paud, lomba mencipta media ajar inspiratif bagi paud dan lomba fashion show pendidik paud.

Terpisah, salah satu guru Paud dari sekolah Paud Siloam Asam tiga kelurahan Naibonat, yang ditemui tim prokopim usai kegiatan, Maria Helena Pereira mengungkapkan, makna hari guru secara pribadi adalah momen dimana mengingatkan para guru semakin semangat dan terinspirasi dalam pendidikan anak-anak.

“Saya sebagai guru tetap semangat apapun keadaan yang ditemui, kalaupun ada sesuatu yang kurang dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, itu bukan halangan, karena bagi saya profesi guru adalah panggilan. Tetap jalankan tugas, jalankan penuh sukacita dan bangga bisa berbakti bagi anak-anak bangsa,”ungkapnya bersemangat.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker