Amartha Gelar Donor Darah dan Kelas Literasi Keuangan dan Digital di Jember

Abadikini.com, JEMBER – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) prosperity platform yang menghadirkan layanan keuangan inklusif untuk ekonomi akar rumput melalui teknologi dan prinsip keberlanjutan, mendukung aksi solidaritas sosial UMKM dengan mengadakan kegiatan Donor Darah dan Literasi Keuangan & Digital yang berkolaborasi dengan Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kegiatan ini berhasil mendapatkan lebih dari 100 kantong darah dan sebanyak 300 pelaku UMKM mengikuti kelas literasi.

Katrina Inandia, Head of Sustainability & Impact Amartha, menyampaikan, “Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari inisiatif Amartha Foundation di bawah pilar Amartha Madani, yaitu inisiatif yang bertujuan untuk menciptakan dampak sosial. Melalui kegiatan ini, Amartha menyuarakan pentingnya solidaritas untuk menolong sesama dan kami percaya dampaknya begitu luas bagi masyarakat. Pelibatan UMKM binaan Amartha juga menjadi bukti nyata dukungan UMKM perempuan untuk aksi kemanusiaan”.

Aksi Donor Darah yang diinisiasi Amartha mendapatkan sambutan hangat dari para pengurus PMI Kabupaten Jember dan juga para relawan.

Dr. H. Mohammad Thamrin, SE.,M.M., Ketua PMI Kabupaten Jember, menyampaikan “Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi inisiatif yang diadakan oleh Amartha sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama. Kegiatan donor darah ini sangat sejalan dengan agenda PMI yang terus berupaya menyediakan stok darah untuk memenuhi kebutuhan. Kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi pionir dan terus berkelanjutan agar semakin banyak orang yang mau terlibat dalam aksi kemanusiaan ini dan memberikan bantuan bagi mereka yang membutuhkan”.

Di samping kegiatan donor darah, Amartha turut mengadakan kelas literasi keuangan & digital untuk para pelaku UMKM di Jember. Pelaksanaan kelas literasi digital sendiri dilatarbelakangi oleh hasil riset Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tahun 2022, indeks literasi digital Provinsi Jawa Timur termasuk ke dalam kategori sedang dengan skala 3,58 dari 5. Sehingga diperlukan edukasi ke masyarakat khususnya pelaku UMKM agar lebih memaksimalkan layanan keuangan dan digital yang ada saat ini untuk memajukan usahanya.

Sebagai wujud nyata untuk mendukung peningkatan indeks literasi keuangan dan digital bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM, pada kesempatan ini, mitra UMKM Amartha mendapatkan materi seputar cara mengelola keuangan usaha hingga memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha.

Siti Rohma, pelaku UMKM asal Sumbersari, membagikan pengalamannya mengikuti kegiatan ini. “Saya baru pertama kali mendonorkan darah dan sangat senang karena dapat membantu sesama. Acara ini juga semakin bermanfaat karena ada kelas keuangan dari Amartha, yang bisa membantu saya mengelola keuangan usaha yang saya jalankan”.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128 ufo777 slot gacor planet128 planet128 rawit128 turbo128