FIFA Dorong Transformasi Sepakbola di Indonesia dan ASEAN

Abadikini.com, JAKARTA – Federation International Football Association (FIFA) mendorong dilakukannya transformasi sepak bola di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara serta kawasan Asia Timur.

Setelah meresmikan kantornya di Jakarta pada 10 November 2023, FIFA langsung menjalin nota kesepakatan Momerandum of Understanding (MoU) dengan ASEAN dalam bentuk Renewal Consultation Workshop pada 15 November 2023, dan FIFA Financial Governance Workshop pada 16-17 November 2023.

FIFA Director Member Associations Asia & Oceania Sanjeevan Balasingam mengatakan tujuan langkah-langkah tersebut adalah menciptakan sinergi yang lebih besar antara para pemangku kepentingan sepak bola

“MoU yang diperbarui lebih berorientasi pada kebutuhan nyata sehingga diharapkan memiliki dampak yang lebih besar terhadap sepak bola dalam komunitas ASEAN.” katanya Minggu (18/11/2023).

Ia menjelaskan FIFA-ASEAN MoU Renewal Consultation Workshop melibatkan Sekretaris Jenderal dan Kementerian Pemuda dan Olahraga dari negara-negara di Asia Tenggara.

Workshop yang digagas bersama dengan ASEAN Secretariat ini berfokus pada diskusi mengenai aktivitas yang telah dilaksanakan dalam kerangka Nota Kesepahaman FIFA-ASEAN yang telah berlangsung sejak 2019 dan akan berjalan hingga akhir 2024.

“Diskusi mencakup peran dan tanggung jawab, Program FIFA Football 4 School (F4S) dan perlindungan dan keamanan stadion. Harapannya, nota kesepahaman ini akan diperbarui pada KTT ASEAN berikutnya di akhir 2024,” kata dia.

Sementara itu, FIFA Financial Governance Workshop yang digelar pada 16-17 November 2023 dihadiri oleh Sekretaris Jenderal dan Direktur keuangan asosiasi sepakbola negara-negara anggota FIFA di Asia Tenggara dan Asia Timur.

Menurut dia kegiatan ini fokus pada penguatan tata kelola keuangan dan membahas topik meliputi panduan Tata Kelola Keuangan FIFA yang baru diluncurkan, praktik perencanaan & anggaran, transfer dana, tinjauan audit pusat, serta presentasi perangkat lunak akuntansi modern dan akuntansi proyek.

“Pada workshop ini juga dilakukan pertemuan bilateral antara FIFA dan Asosiasi Sepakbola negara peserta untuk membahas isu-isu terkini,” kata dia

FIFA terus berkomitmen untuk mendorong perubahan positif di komunitas sepak bola di seluruh dunia dan berharap dapat terus berkolaborasi dengan mitra-mitra di Asia Tenggara.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Dito Ariotedjo menyampaikan apresiasi kepada FIFA dan ASEAN atas upaya luar biasa dalam menyelenggarakan acara penting ini.

Menurut dia kolaborasi antara organisasi ini mencerminkan visi bersama untuk pertumbuhan dan pengembangan sepak bola.

“Bukan hanya sebagai olahraga tetapi juga sebagai pendorong kerjasama regional,” kata dia.

sumber: Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker