Bantuan Kemanusiaan Indonesia Untuk Gaza Telah Tiba di Mesir

Abadikini.com, JAKARTA – Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk korban konflik di Jalur Gaza, telah tiba di Mesir.

Pesawat Hercules TNI Angkatan Udara yang membawa bantuan untuk warga Gaza tiba di Bandara El Arish, Mesir, pada Senin sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

“Terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang sudah menunjukkan solidaritasnya kepada masyarakat Palestina, mengumpulkan bantuan yang baru saja sampai di Bandara El Arish dan akan diserahkan ke Egyptian Red Crescent untuk dibawa ke perlintasan masuk ke wilayah Gaza,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury dilansir dari Antara Senin (6/11/2023).

Setelah menyerahkan bantuan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir, pesawat TNI AU pembawa bantuan akan bersiap kembali ke Tanah Air.

Bantuan tersebut akan dibawa masuk ke Gaza melalui perbatasan Rafah, kemudian disalurkan kepada para korban oleh badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC)—dua lembaga kemanusiaan internasional yang beroperasi di pusat konflik Israel dan kelompok Hamas Palestina.

Pada Sabtu (4/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk Gaza.

Ia mengatakan bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya seberat total 51,5 ton itu merupakan tahap pertama bantuan yang dikirim pemerintah RI ke Gaza.

Bantuan itu diangkut menggunakan tiga pesawat, meliputi dua pesawat C-130 Hercules bernomor ekor A-1327 dan A-1328 berasal dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32 TNI AU, serta satu pesawat sewa Boing 737 Garuda Indonesia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker