Menteri Budi Karya Sumadi Pimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore

Abadikini.com, JAKARTA – Terhitung tinggal sebulan menuju hajatan Nasional Hari Nusantara Tahun 2023 yang dipusatkan di Kawasan Wisata Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi memimpin langsung rapat koordinasi ke-3 dalam rangka Cek Posisi Persiapan Pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 melalui Zoom Meeting, Kamis (19/10/2023).

Rapat koordinasi virtual ini diikuti oleh para Kementerian/Lembaga terkait, Tim Popo Danes Arsitektur, Pendukung Kegiatan Hari Nusantara dari Unsur TNI Polri, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara, Pemeritah Daerah Kota Tidore Kepulauan, dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah.

Mengawali rapat tersebut, Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam rangka tindaklanjut pembahasan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan, perlu untuk mengecek kembali kesiapan pembagian kegiatan sesuai dengan hari yang telah ditentukan, hingga pada acara puncak Hari Nusantara Tahun 2023.

“Rapat ke 3 ini digelar untuk mengecek kembali kesiapan dari masing-masing bidang yang telah ditunjuk pada rapat sebelumnya, seperti acara olahraga dan acara-acara pendukung lainnya, kita juga akan membangun 1 pendopo Bale Bengong di Hari Nusantara Tahun 2023 ini, untuk itu nanti dilihat kesiapannya apakah memungkinkan atau tidak,” Tutur Budi.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, untuk Pembangunan Pendopo Bale Bengong dengan sisa waktu sebulan, jika tidak memungkinkan untuk selesai pada waktu acara Puncak Hari Nusantara Tahun 2023, pembangunannya tetap harus diselesaikan, karena Bale Bengong akan menjadi salah satu bangunan yang ditinggalkan sebagai kenang-kenangan untuk Masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno dalam kesempatan tersebut memaparkan berbagai persiapan terkait acara puncak, Hendro mengatakan, untuk acara puncak, TNI AU dan TNI AL sudah siap untuk mendukung pelaksaan hari nusantara dengan berbagai persiapan yang telah disiapkan. Sementara terkait kegiatan acara puncak lainnya, nanti masing-masing sub sektor di acara puncak yang akan memaparkan secara singkat.

“Untuk TNI AU sendiri ada 3 Pesawat tempur yang telah disiapkan juga turut melibatkan Aspotdirga yaitu Paramotor dan Penerjun, sementara dari TNI AL ada 4 armada, dengan demo-demonya yaitu Fly Pass, Freefall, dan Sailing Pass, disamping itu juga TNI AL akan melaksanakan kegiatan Bakti Sosial, Pemeriksaan Kesehatan, Bersih-Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove,” Papar Hendro.

Selaku Panitia Daerah Sekretaris Provinsi Maluku Utara, Samsudin A Kadir dalam rapat tersebut mengatakan, pihaknya telah menyepakati terkait pembagian tugas pelayanan tamu mulai dari akomodasi transportasi hingga gala dinner di Kota Ternate yang menjadi tanggungjawab penuh Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

“Selain itu, pada acara puncak Hari Nusantara juga kami telah menyepakati untuk memberikan dukungan dengan menyiapkan tenda UMKM untuk Pameran, juga kegiatan-kegiatan terkait kebudayaan sudah kami tindaklanjuti kepada Dinas Pendidikan sesuai dengan apa yang diminta oleh Kota Tidore, dan sampai saat ini kami terus berkoordinasi, hingga pada tempat nginap pejabat eselon 1 ke atas akan kami persiapkan,” Ucap Samsudin.

Sementara itu, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam kesempatan tersebut mengatakan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah menyiapkan berbagai persiapan pendukung acara, salah satunya kegiatan Panggung Hiburan rakyat. Kendati demikian, Orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini juga menekankan, dengan waktu yang berjalan begitu cepat, namun promosi dan publikasi terkait Hari Nusantara belum juga terlihat.

“Kami akan menyiapkan Panggung, Sound System dengan Kapasitas 6000 Wat yang bisa dipakai juga untuk Konser Artis, Talent atau Pengisi Acara serta kebutuhan lain yang berkaitan dengan kegiatan Panggung Hiburan Rakyat, kecuali Artis Ibu Kota, selain itu dukungan acara puncak yang telah kami siapkan diantaranya Tari Kolosal, Paduan Suara dan pendukung acara lainnya yang menjadi tanggungjawab kami, juga telah kami siapkan. Namun dengan waktu yang berjalan semakin cepat, Promosi dan Publikasi sampai saat ini belum terlihat,” Ungkap Ali Ibrahim.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker