PBNU: Hentikan Perang di Palestina dan Israel!

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf menyerukan dihentikannya perang antara Hamas Palestina dengan Israel.

Diketahui, eskalasi konflik di jalur Gaza kian meningkat. Roket yang ditembakkan kedua pihak sejak Sabtu (7/10/2023) telah menewaskan lebih dari 1.000 orang.

“Hentikan kekerasan di wilayah keduanya,” ujar Gus Yahya sapaan Yahya Cholil dalam keterangannya, Senin (9/10/2023).

Gus Yahya dan dan Sekjen PBNU H Saifullah Yusuf menandatangani surat pernyataan terkait konflik Palestina-Israel.

Gus Yahya juga mengajak seluruh pihak terkait dan masyarakat internasional agar bertindak dengan langkah tepat dan menentukan menyikap perang di Palestina dan Israel. Gus Yahya yang aktif dalam kampanye perdamaian global mendorong tercapainya penyelesaian yang adil antara Palestina dan Israel sesuai hukum internasional.

“Masyarakat internasional harus bertindak dengan langkah-langkah yang lebih tegas atau decisive menuju penyelesaian yang adil atas masalah Israel dan Palestina sesuai hukum dan kesepakatan-kesepakatan internasional yang ada,” jelas Gus Yahya.

Gus Yahya menyerukan anggota tetap Dewan Keamanan PBB tidak menggunakan hak veto hanya demi membela salah satu pihak. Gus Yahya yang aktif mendorong agama menjadi solusi konflik global tersebut juga menekankan, keadilan dan kemanusiaan harus menjadi landasan sikap dalam penyelesaian konflik Palestina dan Israel.

“Keadilan dan kemanusiaan harus dijadikan landasan sikap yang absolut,” katanya.

Gus Yahya menekankan masyarakat luas agar identitas dan seruan-seruan agama jangan terus digunakan untuk memupuk dan mengembangkan permusuhan. Ditekankan, inspirasi agama tentang rahmat dan keadilan universal harus dikedepankan untuk menggulirkan upaya resolusi konflik di semua tingkatan.

“Baik di tingkat struktur politik maupun di tingkat komunitas,” katanya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker